EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN KELAS XI TKJ DI SMK N 1 KINALI

(1) * Vina Alvionita Mail (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, J. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111, Indonesia)
(2) Sofia Edriati Mail (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, J. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111, Indonesia)
(3) Bernediv Nurdin Mail (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, J. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


SMK Negeri 1 Kinali terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran teknologi layanan jaringan. Guru kesulitan dalam memberikan materi tambahan untuk melihat kemampuan belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah hasil belajar yang menggunaan model blended learning lebih baik dari pada yang tidak menggunakan model blended learning mata pelajaran teknologi layanan jaringan kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Kinali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat efektivitas blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Hal ini menunjukkan oleh uji t yakni pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung sebesar 4,000 > ttabel sebesar 1,990. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,56 dan kelas kontrol sebesar 82,64.


Kata Kunci: Efektivitas, Blended learning

Abstract

At SMK Negeri 1 Kinali there are several problems in the learning process of network service technology. Teachers have difficulty in providing additional material to see students' learning abilities. Low student learning outcomes and students do not understand the material presented by the teacher. The purpose of this study was to determine whether the learning outcomes using the blended learning model were better than those not using the blended learning model for network service technology subjects for class XI TKJ at SMK Negeri 1 Kinali. The research method used in this research is experimental research. The results of the research that have been carried out are the effectiveness of blended learning on student learning outcomes in the subject of Network Service Technology. This shows that the t-test at the significant level = 0.05 obtained tcount of 4,000 > ttable of 1,990. The average of the experimental class was 84.56 and the control class was 82.64.


   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.633-637
      

Article metrics

10.31604/ptk.v5i3.633-637 Abstract views : 495 | PDF views : 332

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.