(2) Akil Akil
(3) Jaenal Abidin
*corresponding author
AbstractTujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui pengetahuan yang berkaitan tentang upaya peningkatan membaca al-qur'an serta metode yang digunakan oleh guru untuk memudahkan peserta didik membaca al-qur'an. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menyajikan data dengan deskripsi berbentuk kata-kata. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penyajian datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa upaya dalam meningkatkan membaca al-qur'an di Majlis Nurul Amal ialah metode yang digunakan tepat untuk mengatasi permasalahan dalam membaca al-qur'an, sehingga anak dapat memahami serta memudahkan nya untuk dapat belajar membaca al-qur'an. Akan tetapi pada setiap upaya memiliki faktor pendukung serta penghambat yang dialami oleh guru dalam meningkatkan membaca al-qur'an pada peserta didik. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut ialah peserta didik yang kurang aktif dalam belajar serta kurang nya motivasi yang dimilili oleh peserta didik terebut untuk belajar membaca al-qur'an.
KeywordsUpaya, Peserta didik, Membaca al-qur’an
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.435-440 |
Article metrics10.31604/ptk.v5i3.435-440 Abstract views : 395 | PDF views : 108 |
Cite |
Full Text Download
|
References
As-Syilasyabi, Abu Yahya. (2007). Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm
Daradjat, Zakiah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriana, Dina. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press
Maidir, Harun, dkk. (2007). Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta: DEPAG Badan Litbang dan Puslitbang
Moleong, Lexy J., (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






Download