 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)(2) Undang Ruslan Wahyudin
 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)(3) Taufik Mustofa
 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
 (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)*corresponding author
| AbstractKegiatan yang ada pada lembaga pendidikan sudah pasti memiliki tujuan yang terukur untuk dapat menciptakan generasi lebih baik lagi, baik dalam bentuk pikiran maupun akhlak yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Dalam pembentukan budi pekerti pada lembaga pendidikan sudah pasti dilakukan didalam ruangan kelas, akan tetapi pada penelitian ini peneliti berusaha untuk meneliti upaya yang dilakukan oleh guru dalam ekstrakulikuler rohis yang ada di sekolah SMAN 2 Karawang dalam membentuk budi pekerti peserta didik. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan apa yang menjadi ekstrakulikuler rohis di SMA NEGERI 2 KARAWANG. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh melalui lokasi penelitian yang dituju yaitu menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan pada data yang telah diproses melalui beberapa tahapan. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukan adanya peran ekstrakulikuler rohis dalam membentuk budi pekerti siswa dengan membentuk sikap, serta tutur kata ataupun ucapan. Melalui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing siswa agar memiliki pendirian yang kuat. KeywordsEkstrakulikuler, Budi Perkerti, Rohis | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.396-402 | Article metrics10.31604/ptk.v5i3.396-402 Abstract views : 514 | PDF views : 616 | Cite | Full Text Download | 
References
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Koesmarwanti. 2002. Dakwah Sekolah Di Era Baru. Surabaya: Kencana Jaya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. 2015. Jakarta: Penerbit Jaya
Prof. Dr. Sugiono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta
Rohinah MN. 2012. The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Penerbit Jaya.
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




