PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PENELITIAN DI SMP NIHAYATUL AMAL RAWAMERTA KARAWANG

(1) * Syahputri Widyastuti Mail (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
(2) Akil Akil Mail (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
(3) Jaenal Abidin Mail (Universitas singaperbangsa karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang setiap orang akan mencicipinya, karena pada dasarnya seorng telah melakukan pendidikan ketika masih berada didalam rahim seorang ibu. Warga yang memiliki karakter yang baik dan kepribadian yang luhur akan menjadi aset bangsa. Dengan pendidikan manusia akan memiliki ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan akan membawa pengetahuan manusia untuk bisa memastikan keberadaannya dimasa yang tiba. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Pembentukan karakter merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pihak lain karena dalam membentuk karakter seseorag harus dirubah terlebih dahulu polafikirnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis studi dokumentasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Keywords


Karakter, Peserta didik dan Pendidikan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.326-333
      

Article metrics

10.31604/ptk.v5i3.326-333 Abstract views : 585 | PDF views : 170

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Al-Hamdani, D. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Bernuansa Islam. Bandung: Nuansa Cendekia.

Aqila, Z., & Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yram Widya.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahlevi, D. (2016). Paradigma: Awal dan Kesuksesan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idi, A. (2015). Etika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ma'shumah, L. A. (2001). Pendidikan Kesadaran Beragama pada Anak dalam Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencama Prenda Media.

Mushlih, A. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap Isu-Isu Menarik Seputar AUD. Wonosobo: Penerbit Mangku Bumi.

Sani, H. R. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saondi, O., & Suherman, A. (2015). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.