KARAKTERISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH PRESPEKTIF KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Abstract
Investasi suatu bangsa terletak pada sistem pendidikan nya. Pengetahuan akan tersedia bagi insan setelah melakukan proses dari pendidikan, dan akan memberikan serta menyebarkan pengetahuan tersebut kepada generasi selanjutnya. Kebijakan yang diterapkan disekolah sangatlah penting hal ini dikarenakan kebijakan yang diterapkan sekolah akan menjadi pengatur jalan nya pendidikan untuk mencapai suatu tujuan. Mutu dari pendidikan itu akan ditentukan melalui kebijakan yang diterapkan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau library research. Penelitian ini disajikan dalam bentuk metode kualitatif dengan menyajikan data melalui kosa kata dan narasi yang dibentuk melalui data yang diperoleh dari kajian pustaka. Sumber data pada penelitian ini adalah buku-buku yang mendukung untuk membahas penelitian. Untuk analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui penyajian data dengan hasil yang ditemukan dan definisi yang dapat membangun sebuah pengertian yang kemudian akan di reduksi dengan memilih data mana yang mampu untuk menjawab rumusan masalah sehingga menemukan suatu hasil dari penelitian, dan dapat menarik kesimpulan melalui kedua tahapan analisi data tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, (2012), Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Asfiati, (2016), Pendekatan Humanis dalam Perkembangan Kurikulum, Perdana Publishing,
Dahwadin & Farhan Sifa Nugraha, (2019), Motivasi dan pembelajaran pendidikan agama Islam, Wonososbo, Mangkubumi Media
Dede Rosyada, (2017) Madrasah dan Profesionalisme Diri, Jakarta, Kencana
Haedar Nahir, (1999), Agama dan Krisis Kemanusian Modern, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Haidar Putra Daulay, (2012), Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019
Mestika Zed, (2004), Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia
Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Pasal 1.
Rianawati, Nilai-Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Agama Islam, Pontianak, IAIN Pontianak Press
Sutrisno & Muhyidin Albarabis, (2012), Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial, Yogyakarta, Ar Ruzz Media
Syarifudin, (2018), Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Yogyakarta, Deepublish
Umar dkk, (2016), Pegembanga Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif, Yogyakarta, Depublish
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.317-325
Article Metrics
Abstract view : 2421 timesPDF - 1924 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.