PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD

(1) * Almira Lisady Prabaningrum Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)
(2) Eunice Widyanti Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Proses penilaian pendidikan karakter dalam kelas kenyataannya tidak sesuai dengan karakter yang akan dikembangkan guru dan materi yang sedang diajarkan. Selama ini guru menggunakan acuan buku guru maupun internet untuk menilai pendidikan karakter peserta didik. Tujuan peneliti adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian pendidikan karakter yang ada dengan menyesuaikan karakter peserta didik kelas 5 dan materi yang dipelajari. Metode penelitian survei (Kuantitatif) dengan model skala Likert dipilih peneliti untuk mengamati karakter peserta didik di dalam kelas maupun di lingkungan tempat tinggal peserta didik sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini. Hasil pengembangan instrumen hanya sampai pada tahap uji validasi ahli, uji validasi dilakukan oleh uji ahli bahasa dan uji ahli karakter peserta didik. Ahli bahasa menilai bahwa penulisan dan tata bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan usia peserta didik kelas 5, sedangkan uji ahli karakter peserta didik menilai bahwa ada beberapa tulisan yang salah ketik dan beberapa keterangan dalam deskripsi belum sesuai dengan proses pembelajaran daring sehingga diperlukan revisi. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen penilaian pendidikan karakter peserta didik sudah layak digunakan atau diuji coba lapangan dalam proses pembelajaran tematik kelas 5 Sekolah Dasar.

Keywords


Pengembangan instrumen; Karakter peserta didik; Penilaian karakter

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v5i1.114-118
      

Article metrics

10.31604/ptk.v5i1.114-118 Abstract views : 903 | PDF views : 286

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Gurnito, Dwidagdo. 2014. Pengembangan Modul “Hidrosfer Sebagai Sumber Kehidupan†Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Geografi SMA. Fakultas Ilmu Sosial.

Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan tahun 2015 Tentang Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Majid, Anurdiana. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoretis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No.104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sukmadinata, N. S 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rordakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenada Media Group.

Wijaya, Hengki dan Helaludin. 2018. Hakikat Pendidikan Karakter. Repository Sekolah Tinggi Theologia Jaffra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.