(2) Jalilah Azizah Lubis
(3) Iskandar Safri Hasibuan
*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilaksanakan karena ditemukan rendahnya hasil belajar biologi siswakelas X MIA 1SMA Negeri 1 AngkolaTimur . Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa serta kemampuan guru dalam pembelajaran pada materi Virus melalui penerapan metode Drill. Jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research).dengan sampel 29 orang siswa. Teknik dan alat pengumpul data yaitu tes, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil tes menunjukkan persentase ketuntasan klasikal (PKK) siklus I sebesar 65,50sedangkan pada siklus II sebesar 86,20% (meningkat 20,07.),.Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan rata-ratahasil observasi meningkat 10,30% , dan hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh nilai rata-rata observasi pada siklus I sebesar nilai 74,60% sedangkan siklus II sebesar 86% (meningkat 11,40). Data yang didapat diambil kesimpulan melalui penerapan metode pembelajaran drill hasil belajar, aktivitas belajar dan pengelolaan pembelajaran biologi meningkat di SMA Negeri 1 Angkola Timur.
KeywordsHasil belajar, Metode Drill, Virus.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.593-598 |
Article metrics10.31604/ptk.v4i3.593-598 Abstract views : 495 | PDF views : 431 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ani Widayati, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2014
Armai, Arief,Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta:Intermasa, 2002 hlm. 175
C.Sutarsih, dan Nurdin, Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Press, 2010) file:///C:/Users/User/Documents/Bab%202..pdf
Dimyati dan Mudjiono. 2006 Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaramah, Saeful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryanto,2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017.
Imansyah Alipandie,Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1995, hlm.100. ImansyahAlipandie, Op. Cit., hlm. 100.
M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, cet. 5, 2010), h. 59-60.
Purwanto, M Ngalim. 1997. SpikologiPendidikan : PT Remaja.
Sagala, S (2005). Konsep dan makna pembelajaran. Banding: CV.
Alfabet Jurnal Pendidianunsika volume 3 nomor 1, Maret 2015.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






Download