
*corresponding author
AbstractMotivasi siswa dalam belajar matematika dan guru cukup kurang membimbing serta memotivasi siswa dalam belajar matematika. Tujuannya untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan motivasi belajar untuk mata pelajaran matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 200204 Losung T.P. 2019-2020. Penelitian tindakan kelas dengan Subjek siswa kelas V SD Negeri 200204 Losung T.P. 2019-2020 sebanyak 28 siswa terdiri dari 15 siswa perem-puan dan 13 laki-laki. Hasil penelitian diberikan tindakan prasiklus dari 28 siswa yang dinyatakan termotivasi belajar yaitu sebanyak 12 orang (42,9%) tergolong cukup, 16 orang (57,1%) tergolong kurang. Hasil siklus I diperoleh rata-rata 16,1 dan sebanyak 10 orang (35,7%), sedangkan 18 orang (64,3%) belum termotivasi belajar. Hasil siklus II  diperoleh  rata-rata 20,6 dan sebanyak 23 orang (82,1%), sedangkan 5 orang (17,9%) belum termotivasi belajar. Dapat disimpulkan penerapan model mind map meningkatkan motivasi belajar siswa. KeywordsMotivasi Belajar, Mind Map, Bilangan Bulat.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v2i2.95-103 |
Article metrics10.31604/ptk.v2i2.95-103 Abstract views : 1035 | PDF views : 359 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Astriyani, Triyono, & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11220
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Iswanto, & Roniwijaya, P. (2017). Pembelajaran Model Mind Map Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kelistrikan Dan Instrumen Siswa Kelas Xi Teknik Sepeda Motor Smk Diponegoro Depok Sleman. Taman Vokasi, 5(1), 92–105. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1541
Latipah, H. W., & Adman. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasikan Fasilitas Dan Lingkungan Kantor Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMKN 3 Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 127–140. https://doi.org/10.17509/ jpm.v3i1.9465
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Taushiah, 9(2), 20–27.
Putri, Z. H., Ulfah, M., & Okiana. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–13.
Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping. (skripsi babV thok). Jurnal PGMI, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. https://bdksurabaya.e-journal.id/ bdksurabaya/article/view/47
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. 22). Jakarta Raja Grafindo Persada.
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.30659/ pendas.6.1.30-44
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 190–198. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.37905/jji. v2i2.7280
Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145. https://journal.upy.ac.id/ index.php/bk/article/view/89
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.