(2) Slamet Sholeh
(3) Hj. Mimin Maryati
*corresponding author
AbstractManajemen kelas merupakan aspek pendidikan yang sering menjadi perhatian utama guru profesional, guru berperan besar dalam perkembangan pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga menentukan keberhasilan siswa, terutama yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Menciptakan kualitas pembelajaran yang nyaman merupakan bagian dari pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran PAI, bagaimana langkah-langkah manajemen kelas dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen kelas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) penerapan manajemen kelas dilakukan dengan menata kondisi kelas, mengatur posisi duduk siswa, menyiapkan bahan ajar dan metode pembelajaran, serta menciptakan kedisiplinan siswa. (2) langkah-langkah pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, yaitu dengan memotivasi siswa, melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan menerapkan disiplin siswa. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas yaitu adanya fasilitas seperti ruang kelas, ruang perpustakaan, lapangan, dan masjid sehingga ketika siswa merasa bosan, guru berinisiatif untuk melakukan pembelajaran di luar kelas.Manajemen kelas merupakan aspek pendidikan yang sering menjadi perhatian utama guru profesional, guru berperan besar dalam perkembangan pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga menentukan keberhasilan siswa, terutama yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Menciptakan kualitas pembelajaran yang nyaman merupakan bagian dari pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran PAI, bagaimana langkah-langkah manajemen kelas dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen kelas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) penerapan manajemen kelas dilakukan dengan menata kondisi kelas, mengatur posisi duduk siswa, menyiapkan bahan ajar dan metode pembelajaran, serta menciptakan kedisiplinan siswa. (2) langkah-langkah pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, yaitu dengan memotivasi siswa, melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan menerapkan disiplin siswa. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas yaitu adanya fasilitas seperti ruang kelas, ruang perpustakaan, lapangan, dan masjid sehingga ketika siswa merasa bosan, guru berinisiatif untuk melakukan pembelajaran di luar kelas.
KeywordsManajemen Kelas, Efektivitas, Pembelajaran
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.431-440 |
Article metrics10.31604/ptk.v4i3.431-440 Abstract views : 9534 | PDF views : 3587 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu KeIslaman , 336-337
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Maemonah. (2016). Upaya Peningkatan Manajemen Pembelajaran Kelas: Prospek dan Tantangan. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. 2 (1)
Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4 (01)
Cece Wijaya, A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar mengajar Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Nawawi Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta : Gunung Agung, 2000
Muslim Banum, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Jakarta: Alfabeta, 2010
Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.
Maisah, Manajemen Pendidikan, Ciputat : cet, 1 Gaung Persada Press Group, 2013
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pemnbelajaran,Jakarta : Rineka Cipta, 2009
Hariyanto, Muchlas Samani, Pendidikan Karakter, Bandung :Remaja Rosdakarya, 2012
Muhammad Saroni, Manajemen Sekolah Yogyakarta : Ar-ruzz, 2006
Wahyu, pedoman penelitian pendidikan, Bandung : Tarsito, 1996
Muljani A. Nurhadi, Administrasi Pendidikan di Sekolah; Yogyakarta : Ikip Yogyakarta, 2001
Natta Abuddin, Manajemen Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






Download