 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(2) Slamet Sholeh
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)(3) Mimin Maryati
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
 (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)*corresponding author
| AbstractAktualisasi nilai–nilai kewirausaan dalam dunia pendidikan memegang peranan yang sangat penting, sebab dari dunia pendidikan diharapkan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan mampu mengurangi angka pengangguran di negeri ini, dan dibantu dengan keseimbangan antara persiapan tenaga terdidik beserta kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ialah tahap dimana peserta didik sudah cukup matang untuk ditanamkan nilai-nilai kewirausahaan, karena pada tahap pertumbuhan ini siswa telah mencapai titik dimana pola fikir nya sudah lengkap sehingga besar peluang untuk mereka dapat memahami dan mengimplementasikan isi dari kewirausahaan yang diperoleh dari pengalaman belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber informasi berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, peserta didik, serta dokumentasi pendukung. Metode pengumpulan informasi didapat dengan wawancara, pengamatan, serta dokumentasi. Dalam pelaksanaan disekolah upaya penanaman nilai-nilai kewirausahaan dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya : 1) pembenahan kurikulum, 2) kenaikan kedudukan sekolah dalam mempersiapkan wirausaha, 3) pembenahan dalam pengorganisasian. Keywordskewirausahaan, kurikulum berbasis kewirausahaan | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v4i2.343-350 | Article metrics10.31604/ptk.v4i2.343-350 Abstract views : 903 | PDF views : 435 | Cite | Full Text Download | 
References
Arikunto, S. & Jabar. 2004. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Harahap, Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatra Utara: Wal ashri Publishing.
Indrawati, A. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Jiwa Kewirausahaan pada Pendidkan Anak Usia Dini. Disertasi tidak diterbitkan: Malang: Program Pasca Sarjana UM.
Kasman. 2010. Improvisasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Sekolah Bermutu Manajemen Pendidikan. 23 (2): 121-128
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Patriasih, R. 2013. Kurikuum Sekolah Berbasis Wirausaha (http://file.upi.edu/. /kurikulum_sekolah_berbasis_wirausaha.html). Diakses tanggal 8 juni 2021
Robbins, S. 2003. Perilaku Organisasi: Jilid II. Alih Bahasa Tim Indeks. Jakarta: PT Indeks Ghalia Indonesia.
Triwiyanto, T. 2014. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindak Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Muri A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




