PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 ANGKOLA TIMUR

(1) * Maisaro Rambe Mail (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Nurdalilah Nurdalilah Mail (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan, Indonesia)
(3) Susi Sulastri Lubis Mail (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan antara lain: Pertama, Mengetahui Peningkatan Kemampuan Penalaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Kedua, Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Ketiga, Mengetahui peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada siklus I diperoleh dengan kategori minimal cukup yaitu 60 % dan pada siklus II meningkat 80 %. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20 %.Dengan indicator pencapaian telah tercapai  80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh kadar aktivitas siswa sebesar 79,01 % “Cukup†pada siklus II 88,36 % “Baikâ€. Peningkatan yang terjadi dari siklus I kesiklus II sebesar 9,35 %. Indikator pencapaian telah tercapai  80 %.Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan guru paa siklus I Dan siklus II diperoleh dengan kategori “Baikâ€.


Keywords


Aktivitas, Penalaran, Kooperatif Tipe Inside Outside Circle

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v4i1.58-63
      

Article metrics

10.31604/ptk.v4i1.58-63 Abstract views : 426 | PDF views : 240

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto,Suharsimi (2012). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan.jakarta: PT

Bumi aksara

Arikunto,Suharsimi.(2015) . Penelitian Tindakan Kelas. Ajakata : PT . Bumi

Aksara

Dewi, Desiana Perdana Sari. 2014. Studi komparasi Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Inside OutsideCircle (IOC) dan Teams Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari kreavitas dan Hasil Belajar pada

Pokok Bahasan Transformasi siswa kelas VII semester Genap Smp Negeri 4 kuninganTA. 2013/2014.Jurnal Akademis Gagasan Matematika/Vol.1No. 1

Dimyati, Mudjiono “ Belajar dan pembelajaran “: Rineka cipta

Febriani, Anisa.(2015) Kemapuan Penalaran Matematis dalam.

http://anisafebriani09.blogspot.com/2015/11/kemampuan -penalaran diunduh 06 agustus 2018

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara

Iskandar Dadang, Narsim.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan publikasinya

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R& D. Kartasura: Fairus Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.