
(2) Ristra Sandra Ritonga

*corresponding author
AbstractPerilaku tantrum merupakan kesulitan individu dalam mengontrol emosi yang dirasakannya sehingga individu akan mengaplikasikannya dengan emosi marah atau menangis yang diluar dari batas normal. Perilaku tantrum sendiri sering terjadi pada anak usia dini, hal ini dikarenakan anak belum mampu mengontrol emosi yang mereka rasakan. Penelitian ini sendiri memiliki tujuan untuk emndeskripsikan perilaku tantrum dan strategi yang digunakan guru untuk membantu anak dalam mengontrol emosinya sehingga intensitas tantrum anak tidak lama dan terlalu sering. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam hal ini yang akan menjadi subjek penelitiannya adalah guru dan kepala sekolah di RA Bahrul Ilmi Padang Sidempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga stretegi yang sering digunakan guru untuk meredakan perilaku tantrum pada anak yaitu bercerita, menasehati, dan mengalihkan pemikiran anak pada hal yang menyenangkan. Namun strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah menasehti anak jika sudah memukul teman dan melempar barang disekitarnya. KeywordsTantrum, Anak Usia Dini, Emosional.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v8i3.610-616 |
Article metrics10.31604/ptk.v8i3.610-616 Abstract views : 7 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 1).
Dewi, A. R. T. (2022). Peran Layanan BK AUD dalam Menangani Anak Tantrum. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 62–68.
Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 127–140. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3077
Hudaibiyah, A., & Mas’udah. (2022). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 78–90. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841418028/hubungan-komunikasi-orang-tua-dengan-temper-tantrum-pada-anak-usia-prasekolah-di-desa-mamungaa-timur-kecamatan-bulawa.html
Idhayanti, R. I., Winarsih, S., Masini, M., Sarwono, B., Agustina, R., Safitri, S., Wijayanti, N. Z. D., Rahmawati, N. D., & Nurjanah, A. S. (2022). Cegah Tantrum Pada Anak Melalui Pendampingan Ibu Balita. Link, 18(1), 37–42. https://doi.org/10.31983/link.v18i1.8050
Nadhiroh, A. (2018). Startegi Penanganan Anak Pada Fase Tantrum (Studi Perbandingan di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran dan di TK Muslimat NU 65 Futuhatul Ulum Desa Roomo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik). In Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Piaud (Vol. 01, Issue 03).
Rahmi, P. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
Sari, A. J. (2023). Strategi Guru dalam Menangani Anak Usia 4-5 Tahun yang Mengalami Temper Tantrum di RA Literasi Qur’ani Desa Tasik Malaya. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Seni, P., & Fariza, D. (2017). Perilaku Tantrum pada Anak TK Rahmat Al Falah Kelompok B Palangkaraya. SULUH Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 6–11.
Supriyanti, E., & Hariyanti, T. B. (2019). Strategi Mengatasi Tempertantrum Pada Anak Usia 3-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga di TK Wilayah Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Wiyata, 6(1), 13–20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.