URGENSI MEDIA BERBASIS DIGITAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

(1) * Nurhikmah Laili Mail (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
(2) Ristra Sandra Ritonga Mail (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini tentu akan melibatkan pendidik (Guru) dan orang tua dalam proses pelaksanaannya untuk membantu perkembangan anak usia dini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan pada beberapa guru PAUD yang berada dibeberapa kota di Sumatera Utara. Dari beberapa manfaat yang sudah dikemukakan di atas, maka secara tidak langsung Pendidik dituntut untuk meningkatkan dan memahami inovasi dan kreativitas dalam menciptakan proses pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan dalam pembuatan media pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi dibeberapa satuan Pendidikan Anak Usia Dini, peneliti dapat menjabarkan urgensi dari penggunaan media pembelajaran berbasis digital pada proses pembelajaran anak usia dini yaitu sebagai berikut: (1) Menarik perhatian anak usia dini yang memiliki karakteristik unik dengan rasa ingin tahunya; (2) Membantu Guru untuk lebih praktis dalam pembuatan media pembelajaran (3) Dapat dikerjakan dimana saja; dan (4) pembelajaran yang dihasilkan akan lebih update sehingga anak akan terus mendapatkan informasi terbaru.


Keywords


Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Digital.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v8i3.577-586
      

Article metrics

10.31604/ptk.v8i3.577-586 Abstract views : 12 | PDF views : 1

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56–70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2020). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 38–45. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Hukma Salmin, A., Nuraliah, G., Rahmawati Apriliani, R., Nurulaeni, F., Raya Cibatu Cisaat No, J., Kaler, C., Cisaat, K., Sukabumi, K., & Barat, J. (2015). Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(66–71). https://senapadma.nusaputra.ac.id/index

Munawar, B. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 93–104. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/9071

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia DIni di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Nurma, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Harapan Bunda Kabupaten Aceh Barat. 1–23.

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., & Sari, I. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan (in Press), 12(1), 44–52.

Suwardi. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran bagi Pendidik PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(2), 72–77.

Widjayatri, D., Suzanti, L., Alfarisa, F., Ar Nurazka, R., Rahmadini, F., Safitri, D., & Audina, A. (2022). Pengenalan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Android untuk Anak Prasekolah pada Pendidik Lembaga PAUD. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729

Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.