INCREASING STUDENT LEARNING INTEREST IN MATHEMATICS CLASS X THROUGH KAHOOT

(1) * Ismi Alfi Muzayyanah Mail (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia)
(2) Siti Khayroiyah Mail (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia)
(3) Mira Ilham Mail (SMKN 3 Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Dalam pendidikan di sekolah, minat belajar memegang peranan penting dalam mendorong motivasi peserta didik untuk berkonsentrasi dan fokus. Peserta didik termotivasi untuk berkonsentrasi dan memfokuskan perhatiannya pada kegiatan belajar. Minat belajar matematika dapat dilihat dari kurangnya antusiasme peserta didik dalam pelajaran matematika, terutama ketika diberikan tugas. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa peserta didik memiliki minat belajar matematika yang rendah. Minat belajar matematika dapat dilihat dari kurangnya antusiasme peserta didik dalam pelajaran matematika, terutama ketika diberikan tugas. Peserta didik dalam pelajaran matematika, terutama ketika diberikan tugas pada sore hari. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui pengaruh media Kahoot dalam meningkatkan minat peserta didik terhadap matematika. Berdasarkan hasil perlakuan yang dilakukan selama dua siklus dengan memberikan tugas individu terkait materi eksponen menggunakan Kahoot yang dikerjakan peserta didik melalui gadget masing-masing, diketahui bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari presentase minat belajar peserta didik pada kegiatan pra siklus sebesar 67%. Pada kegiatan siklus I, persentase minat belajar siswa meningkat sebesar 15% menjadi 82%, dan pada kegiatan siklus II, persentase minat belajar siswa meningkat sebesar 15% menjadi 82%. Pada kegiatan siklus II, persentase minat belajar siswa juga meningkat sebesar 8% menjadi 90%. Dengan demikian, Kahoot memberikan dampak positif dan terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Kahoot, learning interest, mathematics

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v7i4.764-769
      

Article metrics

10.31604/ptk.v7i4.764-769 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darmayanti, N. W., Selamet, K., Sanjayati, N. P. A. H., Qondias, D., Wijaya, I. K. W. B., Witraguna, K. Y., Jaya, I. K. M. A., & Persi, N. N. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. PT Nilacakra Publishing House.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makasar.

Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298

Haryani, E. (2023). Model Discovery Proses Kelompok Berbantuan Media Dialog Interaktif “Mata Najwa†Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Uwais Inspirasi Indonesia.

Kariuki, L. W., Njoka, J. N., & Mbugua, Z. K. (2018). Influence of Teachers Preparedness on Performance of Pupils in Mathematics in Lower Primary Schools in Aberdares Region of Kenya. European Journal of STEM Education, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3931

Mutakin, T. Z., & Sumiati. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.64

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1).

Putri, B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sukaryo, A. F., & Sari, R. M. M. (2024). Systematic Literature Riview: Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2), 461–473. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8212

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Tambychik, T., Meerah, T. S. M., & Aziz, Z. (2010). Mathematics Skills Difficulties: A Mixture of Intricacies. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 171–180. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.025

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050

Undang-Undang RI. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1.

Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457–464.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.