PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

(1) * Lisna Agustina Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Masalah penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi barisan dan deret aritmatika. Tujuan penelitian aadalah 1) Untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan 2) Untuk Mengetahui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatetika Mampu Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, Alat pengumpul data adalah tes. Lokasi dari penelitian ini adalah di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dan Penelitian ini akan dilaksanakan selama kurang dari 3 bulan di kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Teknik analisis data penelitian adalah analisis  tes belajar siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dapat dilihat dari hasil  pengujian hipotesis didapat thitung > ttabel, dimana Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu thitung = 0,518 > ttabel 0,12, sehingga hipotesis kerja yang digunakan diterima yaitu pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dengan memakai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika materi barisan dan deret aritmatika dapat dilihat dari hasil rata-rata pretes siswa diperoleh sebesar 32,12 dan rata-rata postes meningkat menjadi 80,53.


Keywords


Lembar Kerja Siswa (LKS), Etnomatika, Kemampuan Pemecahan Masalah

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v7i3.438-445
      

Article metrics

10.31604/ptk.v7i3.438-445 Abstract views : 162 | PDF views : 44

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Cahyadi, W. Dkk, 2020. Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Arithmetic, Volume. 2, No. 2.

Hendriana & Soemarno, 2023, Kemandirian Belajar Matimatika Siswa SMP. Jakarta: Rineka Cipta.

KTSP 2006 maupun kurikulum matematika 2013.

Lestari & Yudhanegara K.E dan Yudhanegara M.R. 2020, .Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Sudjana, 2015, Dasar-Dasar Proses Belajar Dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.