PENINGKATAN KOMPETENSI BELAJAR VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK MELALUI CISCO PACKET TRACER SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

(1) * Hadi Hadi Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
(2) Budi Santosa Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Keterbatasan alat praktikum jaringan komputer Virtual Local Area Network (VLAN) menyebabkan siswa mengandalkan teori & tes sebagai pengukuran kompetensi. Saat pree test, terdapat 16 siswa dari total 29 siswa belum mencapai kompetensi, sehingga perlu peningkatan strategi & metode pembelajaran efektif bagi siswa kelas XI Teknik Komputer & Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Partisipasi aktif siswa terlibat langsung menciptakan pembelajaran dinamis dan pemanfaatan fasilitas yang tersedia di sekolah menjadi kunci optimalisasi penggunaan fasilitas, teknologi, & materi pembelajaran, sehingga tercipta pertumbuhan kompetensi siswa. Siswa dapat mengembangkan kompetensi melalui media Cisco Packet Tracer, sebagai pembelajaran dinamis dengan menyediakan tools simulasi, perangkat jaringan, kabel, protokol jaringan, eksperimen, menguji skenario, & memahami konsep jaringan komputer. Penggunaan Cisco Packet Tracer diharapkan siswa merespon positif terhadap kurangnya ketersediaan peralaatan Praktik untuk mencapai kompetensi. Tujuan penelitian ini: mengetahui peningkatan kompetensi siswa dalam penguasaan materi VLAN, optimisme kemandirian siswa dapat membantu belajar lebih kreatif, dalam pembelajaran VLAN melalui Cisco Packet Tracer. Penelitian ini mengadopsi metode tindakan kelas berdasarkan model Kurt Lewin. Pelaksanaannya mencakup beberapa langkah di setiap siklus, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan & refleksi. Hasil penelitian kompetensi belajar VLAN pada siswa ditemukan 44,83% tidak mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah penelitian pada siklus 1 melalui penerapan Cisco Packet Tracer tingkat ketuntasan klasikal meningkat menjadi 72,41%. Meskipun pembelajaran pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan klasikal, pembelajaran dengan penerapan Cisco Packet Tracer dilanjutkan pada siklus 2. Siklus 2 diperoleh ketuntasan klasikal 93,10%, hal ini menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar. Hasil penelitian pembelajaran melalui penerapan Cisco Packet Tracer dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Keywords


SMK TKJ, Media Pembelajaran, VLAN, Cisco Packet Tracer, tindakan kelas (classroom action research)

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v7i3.400-417
      

Article metrics

10.31604/ptk.v7i3.400-417 Abstract views : 232 | PDF views : 119

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Learning Psychology. Jakarta: Rineka Cipta.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Hartono, S., Yunan, K., & Wardijono, B. A. (2023). ImplementasI VLAN Cisco Untuk Pengaturan Hak Akses Pada Jaringan Komputer Sekolah. Paper presented at the Prosiding Seminar SeNTIK.

Hidayah, A. N., Basori, B., & Wulansari, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem-based Learning Berbantuan Android-based Packet Tracer. JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 15(1), 55-61.

Ishak, I. (2023). Panduan Praktis Menulis Penelitian Tindakan Kelas Pada Kurikulum Merdeka Belajar: CV. Dimar Jaya.

Leki, N., Djamen, A. C., & Mintjelungan, M. M. (2022). Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai media Pembelajaran Jaringan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 14-26.

Manafe, R. E., Belutowe, Y. S., & Katemba, P. (2022). Perancangan Jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) Untuk Menunjang Transaksi Data Antar Jaringan. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), 102-111.

Nirawana, I. W. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Pada Matakuliah Jaringan Komputer. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 1-9.

Noviriandini, A., Bachtiar, D., & Indriyani, L. (2023). Perancangan Jaringan Virtual Local Area Network Menggunakan Cisco Packet Tracer Pada SMK Islam Assa’adatul Abadiyah. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 255-260.

Pangkey, F. R., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Physical Education, 1(1), 33-40.

Rahman, T., Zaini, T. R., & Chrisnawati, G. (2020). Perancangan Jaringan Virtual Local Area Network (Vlan) & Dhcp Pada Pt. Navicom Indonesia Bekasi. JIKA (Jurnal Informatika), 4(1), 36-41.

Rusman, M.-m. P. (2016). Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2, Cet. VI: Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, M., Rufa'i, A., & Najmuddin, N. (2023). Teknologi Jaringan Komputer Menggunakan Methode Virtual Local Area Network (VLAN). Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 7(2), 153-163.

Siswoyo, D. (2008). Arti Pendidikan dan Batas-batas Pendidikan. Ilmu Pendidikan.

Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,(Jakarta: Rieneka Cipta, 2010), Cet. Ke-5, hDepartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka, 2007), Cet. ke-4, h, 895.

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.

Suhanda, Y., Nurlaela, L., Dharmalau, A., & Widjojo, B. S. (2022). Perancangan Infrastruktur Jaringan Berbasis Aplikasi Packet Tracer Dengan Metode Hot Standby Router Protocol. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(1), 9-16.

Susita, A., Mulyono, H., & Pernanda, A. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar di SMK N 1 Lembah Melintang. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1).

Taniwut, C., & Sumampouw, M. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(3), 406-413.

Depdiknas.2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.