UPAYA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING

Benny Sofyan Samosir, Nur Sahara, Wiwik Novitasari, Lisna Agustina, Andi Abdul Syakur

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Decision Making. penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Padangisidimpuan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Decision Making pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kuntitatif yaitu menggunakan siklus I dan Siklus II. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X-MIA 1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pada siklus I nilai rata rata siswa adalah 70,74 dan kinerja guru pada Siklus I yaitu 56,02%  dari siklus tersebut masih jauh dari Kriteria ketuntasan materi  (>75) dan  kinerja guru (>80) untuk itu perlu tindakan pada siklus II, dimana pada siklus II nilai rata – rata siswa 82,79 dan kinerja guru  pada siklus II adalah 86,36%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan  model Decision Making dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Keywords


Pemecahan Masalah, Decision Making, Matematika Siswa

Full Text:

PDF

References


W. N. Anisa, “The Enchancement Of Problem Solving And Mathematical Communication Abilities Through Realistic Mathematics Educa ...,” J. Pendidik. dan Kegur., vol. 1, no. 8, 2014.

H. Sabil and S. Winarni, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi,” Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, p. 54, 2013.

Syafwan, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 4, no. 4, pp. 227–238, 2013.

Y. P. Utami and M. Ulfa, “Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 82–89, 2021. A. Meinisa and Wasitohadi, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Sekolah Dasar,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 27–37, 2019.

M. Mulyadi, “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 15, no. 1, p. 128, 2013, doi: 10.31445/jskm.2011.150106.

Abdillah and S. Sardin, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematika Siswa,” J. Akad. Pendidik. Mat., pp. 115–118, 2020, doi: 10.55340/japm.v6i2.265.

R. Soedjadi, “Inti Dasar – Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2014, doi: 10.22342/jpm.1.2.807

Khristina Sri Prihatin, “Penerapan Decision Making Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi” , Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, Vol 1 No 1, Agustus 2018.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Taniredja, Tukiran et. al. (2013). Penelitian Tindakan Kelas untuk Mengembangkan Profesi Guru Praktik, Praktis dan Mudah. Bandung: CV Alfabeta.

Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Nufus, R. A. dan H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/10.31949/th.v1i2.384

Norhayati, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4771

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077–087. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712

Suraji, Suraji, Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran The comparison of effectiveness of project-based learning and problem-based learnin g in terms of achievement of student. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/23595/pdf

Maria, B., & Hasruddin, A. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tematik, 9(3), 191–200. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25942

Rosmawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 221. https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.13942

Siregar, M. F. (2018). Sosial Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sdn 060843 Medan. Volume 8 N, 254–263.