MANAJEMEN KONFLIK DAN STRES TERHADAP PENGARUH KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

(1) * Nur Putri Dwi Rahayu Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Mimin Maryati Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Hinggil Permana Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Manajemen sumber daya manusia adalah upaya untuk menghubungkan kebutuhan manusia dengan tujuan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah konflik dan stres berdampak positif terhadap kinerja pendidik di lembaga pendidikan Islam, baik secara parsial maupun bersamaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Efisiensi instruktur sangat penting untuk kelangsungan hidup siswa untuk lembaga pendidikan untuk memenuhi tujuan mereka. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan konflik. Ini akan mempengaruhi pekerjaan jika tidak dikendalikan dengan baik. Saat beban mental meningkat, volume persalinan yang memicu stres juga meningkat. Tekanan yang terus menerus ini akan menimbulkan stres. Salah satu kekhawatiran yang dapat menghambat efektivitas sumber daya manusia adalah stres di tempat kerja. Kesulitan ini terlihat dalam administrasi Lembaga Pendidikan Islam. Akibat konflik dan tekanan, kinerja individu akan menurun. Mau tidak mau, penanganan konflik harus menjadi prioritas utama. Manajemen stres kerja dilakukan dengan membagi beban kerja, meningkatkan komunikasi organisasi, dan meningkatkan kerjasama manajemen.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i4.690-698
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i4.690-698 Abstract views : 548 | PDF views : 332

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Addin, FN, Bintang Kejora, MT, & Kosim, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan , 4 (2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 4 (2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012

Anwar, S. dan S. (2002). Manajemen Stress (hlm. 98–100).

Fathurrohman. (2014).Kinerja pegawai. PT Refika Aditama, 2014.

Fernando, M., Mihardjo, AI, Widjaja, DC, Ekonomi, F., Petra, Inggris, & Siwalankerto, J. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Sheraton Surabaya. Universitas Kristen Petra , 2016 , 73–86. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/7447

Kejora, MTB, Fahmi, I., & Pahlevi, MR (2021). Pelatihan Kepemimpinan Berbasis Al-Qur'an dan Keterampilan Abad 21 untuk Pelajar Muda. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5 (3), 6716–6725. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2014%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2014/1823

Kholifah, N. (2015). ManagementStressandManagementConflict . 1–19. https://www.academia.edu/22537757/ManagementStressandManagementKonflik

Mustika ze. (2004). Metode penelitian literatur . Yayasan Perpustakaan Obor Indonesia.

Nana. (2000). Tidak ada Judul . Rosdakarya Pemuda 2012.

P. Robbins, S. (2015). Tanpa Judul (Edisi ke-16). Salemba Empat.

Sabrina, FF, Darmiyanti, A., & BK, MT (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan , 4 (2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740

Rasa syukur. (2011). Tidak ada Judul .

Taufik, M. (2020). Peran Strategis Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura , 20 (1), 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797

Usman, H. (2008). Tidak ada Judul . Bumi harfiah.

Wahyudi, A. (2015). 45-Artikel Teks-82-1-10-2016304 . 1–15.

Pahlawan. (2004). Tidak ada Judul .

Zackharia Rialmi, S.IP., MC (2021). Tidak ada Judul . WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.