SISWA TERMOTIVASI OLEH KREATIVITAS GURU DALAM BELAJAR

(1) * Alya Fauziah Rahmah Mail (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Abubakar Umar Mail (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Yadi Fahmi Arifudin Mail (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Artikel ini membahas  mengenai kreativitas guru dan motivasi belajar siswa. Belajar adalah proses mengubah pengetahuan, pemahaman, sikap, perilaku, dan keterampilan. Untuk belajar, siswa membutuhkan motivasi atau dukungan internal dan eksternal. Belajar dengan topik sederhana dan mudah. Proses pembelajarannya sangat menarik. Kreativitas guru merupakan salah satu pendorong motivasi belajar. Guru kreatif dapat mengembangkan keterampilan mereka, ide-ide baru dan metode pengajaran baru. Pembinaan kreativitas guru sangat penting bagi kedua pengelola sekolah karena mereka berusaha untuk mengontrol, memajukan dan mengembangkan, memajukan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Cari aplikasi untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan metode pengajaran. Kreativitas guru dapat tercermin dalam metode kreatif desain kurikulum dan penggunaan bahan ajar. Teknik motivasi yang dapat digunakan guru meliputi skor, penghargaan, kompetisi, pengurangan, tes, pengetahuan hasil, pujian, hukuman, niat belajar yang diakui, minat, dan tujuan.

Kata Kunci: kreativitas, motivasi, siswa


   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.535-543
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i3.535-543 Abstract views : 391 | PDF views : 229

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ali Manizard. (2015). Peran guru sebagai motivasi belajar, Jurnal Tadrib, Band 1, Nr. 2. Desember 2015,

Handoko Hani T. (2009), Manajemen, Yogyakarta, BPFE.

Oktavia Yati. (2014). Kepala sekolah mendorong upaya kreatif guru dalam mengajar di sekolah dasar. Bahan ajar dan administrasi. Majalah Manajemen Pendidikan. Jilid 2, 1 Juni 2014.

Rusman. (2015).Pembelajaran mata pelajaran yang komprehensif, teori, praktek dan evaluasi. Jakarta.

Grand Slemito. (2010). Faktor dan pengaruh belajar. Jakarta.

Rineka Chipta Sulistorini dan Faturrohman M. (2016). Esensi manajemen pendidikan Islam: manajemen lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Yogyakarta.

Susanto Ahmad.(2016). Pembelajaran dan teori kognitif di SD.Jakarta.Kencana. Suyono dan Haryanto.. Belajar Mengajar: Teori dan Konsep Dasar.menghina. PT.

Sun Haji. (2008). manajemen sekolah Islam. Yogyakarta. Grando dan Purwokerto. STAIN Press

Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Syafaruddin dan Nasution Irvan. (2005). Manajemen pembelajaran.Sipta. PT. Ciputat Press Talajan, Guntur. 2012. Meningkatkan kreativitas dan prestasi akademik. Yogyakarta. Pers Laxbon.

Uno Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta, tanah yang sebenarnya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.