ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

(1) * Rusmianis Rusmianis Mail (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau, Indonesia)
(2) Bunari Bunari Mail (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau, Indonesia)
(3) Nurdiansyah Nurdiansyah Mail (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Faktor-faktor kesulitan belajar merupakan faktor penyebab yang menghambatnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sehingga dapat mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta faktor yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah kuantitatif  melalui survei menggunakan kuesioner faktor-faktor kesulitan belajar sejarah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa pada mata pelajaran sejarah menjadi faktor internal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dengan persentase sebesar74,0%. Selanjutnya, lingkungan sekolah menjadi faktor eksternal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa dengan persentase sebesar71,8%. Penelitian juga menunjukkan faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa sebesar 71,2%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa faktor internal dengan indikator minat siswa merupakan faktor paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa.

Keywords


Kesulitan belajar, faktor internal, faktor eksternal, pembelajaran sejarah

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.438-446
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i3.438-446 Abstract views : 1235 | PDF views : 634

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Archia, Z (2013). Pembelajaran dan Faktor-faktor Penghambat. Jakarta: Rineka Cipta.

Hair, J. F. Jr., Anderson, R. E., Tatham, R.L and Black, W. C. (2013) Multivariate Data analysis. Newyork: Macmillan

Isjoni, Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfata, 2012.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R and D. Bandung: Alfabeta, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.