ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS LAB IKIP AL-WASHLIYAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN GENDER

(1) * Rindi Lestari Mail (Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
(2) Nurul Indah Aulia Mail (Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
(3) Rini Mandasari Mail (Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
(4) Ramadhani Ramadhani Mail (Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah ada kaitannya dengan gender, maka tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemamampuan pemecahan masalah untuk menyelesaikan soal statistika siswa MTs Lab IKIP Al Washliyah berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami masalah siswa pria dan perempuan memperoleh nilai yang sama, yaitu mendapat kategori sedang. Pada indikator merencanakan penyelesaian masalah siswa pria dan perempuan juga memperoleh nilai dengan kategori sama, yaitu kategori rendah. Dalam indikator menyelesaikan masalah siswa pria lebih unggul dibandingkan siswa perempuan, dengan nilai rata-rata perolehan siswa pria adalah 65 dan nilai perolehan rata-rata siswa perempuan memperoleh nilai 43. Sedangkan pada indikator memeriksa kembali siswa pria juga memperoleh nilai yang lebih unggul dibandingkan siswa perempuan, dengan perolehan nilai rata-rata 90 dan siswa perempuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 41. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah siswa pria jauh lebih unggul dari siswa perempuan.

Keywords


gender, kemampuan pemecahan masalah

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.431-437
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i3.431-437 Abstract views : 309 | PDF views : 183

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anggraeni, R., dan Herdiman, I. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN BERBENTUK SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GENDER. 5(April), 1928.

Buranda, M. S., dan Bernard, M. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MATERI LINGKARAN SISWA SMP BERDASARKAN GENDER. 1(1), 3340.

Hasanah, S., Suwandi, N., Wahyu, R., dan Putra, Y. (2019). PENERAPAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LEAD AQ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 141152.

Imamuddin, M. (2017). KEMAMPUAN SPASIAL MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI. HUMANISM: Journal of Gender Studies, 1(2).

Indri Herdiman, R. A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(4), 1928.

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., Nurhasanah, F., Keguruan, F., Maret, U. S., Matematika, F., Alam, P., dan Maret, U. S. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. 10(2), 11411150.

Novitasari, N., dan Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137-147.

Nur, A. S., dan Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139148.

Nurcholis, R., Azhar, E., dan Miatun, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Euclid, 8(1), 4150.

Rinny Anggraeni, I. H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. 5(April), 1928.

Rizki, N., Prayitno, S., Hikmah, N., & Turmuzi, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Gender. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 328337. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.71

Setyadi, D., Masi, L., Salim, S., & Kadir, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11684

Sitohang, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi kubus dan balok berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender siswa. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 123.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 119130.

Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V. D. (2021). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3, 106115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.