PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK E ADIKARYA LINGGO SARI BAGANTI

(1) * Nia Anggraini Mail (Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(2) Adlia Alfiriani Mail (Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
(3) Satrio Junaidi Mail (Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Permasalah yang ada pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK E Adikarya Linggo Sari Baganti belum tersedianya media pembelajaran e-book interaktif, siswa belajar menggunakan modul yang di bagikan sehingga siswa sulit untuk memahami materi saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data dalam pengembangan e-book interaktif adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata uji validitas ahli media sebesar 0,90% dengan kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 0,89% dengan sangat kategori valid. Untuk uji praktikalitas terhadap respon guru mencapai 86,67% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon siswa mencapai 84,12% dangan kategori sangat praktis. Kesimpulan serta hasil uji coba lapangan e-book interaktif sudah di uji kelayakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran desain grafis percetakan.


   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.388-393
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i3.388-393 Abstract views : 675 | PDF views : 194

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Labetubun, M. A. (2018). “ Aspek Hukum Hak Cipta Terhadap Buku elektronik (E-book) Sebagai Karya Kekayaan Intelektual “. SASI, 24(2), 138-149.

Masyruufah Sugioni, Suci Rohayati (2018). “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar E-book Interaktif, Pemahaman Analisis Transaksi Dan Itensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jurnal Khusus Akutansi Jurnal Perusahaan Dagang Kelas XI SMK Negri 2 Buduran Sidoarjoâ€

Miranda Audia (2019). “ Pengembangan Media E-book Dengan Bantuan Sigil Software Untuk Kelas VII Mts Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung Pada Mata Pelajaran Fiqh

Naimatil Jannah, Noor Fadiawati, Lisa Tania (2017). “ Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari Tentang Pemisahan campuran “. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran kimia, Vol, 6, No. 1 Edisi April 2017, 186-198.

Novita Ahmad, Rosman Ilato, Boby R.Payu “ Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Infomasi Terhadap Minat Belajar Siswa “. Jambura economic eduction journal. Volume 2 No 2 july 2020. E-ISSN: 2656-4378P-ISSN: 2655-5689.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinaip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandng: Remaja Rosdakarya.

Rina Tiya Lestari, Eka Pramono Adi, Yerri Soepriyanto “ E-book Interaktif “ e-ISSN: 2615-8787.

Rini Syahril, 2017. “ Pengemangan Media Pembelajaran Interaktif E-book Untuk Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Di SMK N 6 Kota Padang “.

Septiyani, Eka, and M. Tohimin Apriyanto (2019). “ Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Tingkat SMP “. Jurnal Kajian Pendidikan Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.