PELATIHAN GAMBAR KAPAL SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS DALAM PERSETUJUAN BADAN KLASIFIKASI PT. BIRO KLASIFIKASI INDONESIA SAMARINDA
Abstract
PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) memainkan peran strategis dalam memastikan keselamatan, keamanan, dan kelayakan kapal di perairan Indonesia. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman teknis tentang standar klasifikasi oleh desainer dan teknisi kapal, yang sering kali menyebabkan revisi berulang dalam persetujuan desain kapal. Untuk mengatasi tantangan ini, BKI Academy mengadakan pelatihan "Drawing Approval" selama empat hari di Cabang Utama Klas Samarinda, Kalimantan Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional dalam penggambaran teknis, dengan fokus pada lambung kapal, mesin kapal, garis muat (loadline), dan sistem kelistrikan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan tingkat pengetahuan mengenai standar klasifikasi naik dari 40% menjadi 85%, serta kepercayaan diri dalam menghasilkan gambar teknis yang sesuai meningkat dari 30% menjadi 75%. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam mengurangi revisi desain, meningkatkan efisiensi waktu, dan memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan keselamatan dan efisiensi operasional dalam industri maritim di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Supriyono, Edi , et al. “Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di K5 - Offset.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 1, no. 7,
Sept. 2023, pp. 1260–1264,
https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i 7.329. Accessed 7 Dec. 2024.
Hamidiyanti, B. Y. F., & Sulianty, A. (2023). PEMBERDAYAAN PERAN KADER UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERNIKAHAN USIA DINI MELALUI PELATIHAN POSYANDU REMAJA. Jurnal
Pengabdian Masyarakat Sasambo, 5(1), 58.
https://doi.org/10.32807/jpms.v5i1. 1451
Satoto, S. W. (2019). Perancangan Lambung Kapal Tanpa Awak Sebagai Alat Bantu Survei Di Kepulauan Riau. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kelautan, 16(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/kapal.v16i 1.21917
Marsudi, S. (2022). Pengaruh Performa Turbocharger Terhadap Kinerja Mesin Induk Di MT. Green Park. Zona Laut Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 25–29. https://doi.org/10.20956/zl.vi.2207 4
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E- Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75.
https://doi.org/10.32503/cendekia.v 1i2.603
Prayogo, D., & Gelesah, K. (2018).
MENGOPTIMALKAN PERAWATAN KOMPONEN- KOMPONEN PADA SISTEM KELISTRIKAN GUNA MENCEGAH TERJADINYA LOW INSULATION DI KAPAL SS. SURYA SATSUMA. Dinamika Bahari, 8(2), 1978–1991.
https://doi.org/10.46484/db.v8i2.71
Satoto, S. W., Abdurrahman, N., & Saputra,
H. (2019). Perbandingan Teknis Ukuran Utama dan Hambatan Kapal Pada Lambung Kapal Wisata Pulau Petong. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 1(1), 20– 26. https://doi.org/10.30871/jatra.v1i1. 1336
Alamsyah, Pawarah, M. U., & Dianiswara, A. (2022). Kajian Kebutuhan Material Pada Konstruksi Lambung Kapal Phinisi. Jurnal Penelitian Enjiniring, 25(1), 77–84.
https://doi.org/10.25042/jpe.05202 1.09
Ma’ruf, B. (2014). ANALISIS KEKUATAN LAMINASI
LAMBUNG KAPAL
FIBERGLASS YANG MENGGUNAKAN MATERIAL MULTIAXIAL. Jurnal
Standardisasi, 16(1), 31.
https://doi.org/10.31153/js.v16i1.8 1
Erwin, R., & Fahririn. (2022). TANGGUNG JAWAB NEGARA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KECELAKAAN KAPAL TRANSPORTASI LAUT MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL.
SUPREMASI : Jurnal Hukum, 4(2), 177–199.
https://doi.org/10.36441/supremasi. v4i2.716
Ivanto, M., Wiranto, W., Eka, E., Syahrullah, M., Herman, H., & Yudha, N. K. (2021). RANCANG BANGUN ALAT PENGERING
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2334-2341
Refbacks
- There are currently no refbacks.