TRANSFORMASI DIGITAL: USAHA KECIL DI ERA MODERN

Khairul Marlin, Nofrivul Nofrivul, Syukri Iska, Himyar Parizal, Mirawati Mirawati, Chitra Indah Sari, Khairulis Shobirin, Yeni Melia

Abstract


Transformasi digital telah menjadi tulang punggung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia di tengah perubahan ekonomi global yang cepat. Di era 4.0, adopsi teknologi digital telah menjadi keharusan bagi UMKM untuk tetap kompetitif dan relevan di pasar yang berkembang pesat. Salah satu pilar utama keberhasilan usaha kecil di era modern adalah transformasi digital. Artikel ini membahas berbagai aspek transformasi digital yang dapat mendukung keberhasilan UKM, seperti pemanfaatan teknologi informasi, pemasaran digital, dan inovasi produk. Dengan mengadopsi strategi terkait teknologi, UKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Keywords


Kunci Sukses Usaha Kecil di Era Modern

Full Text:

PDF

References


Arie Susanto, D., Anugrah, S., Rahmaliya, R., & Haris, O. (2021). Kenaikan Kapasitas Umkm Dalam Tingkatkan Pemasaran Lewat Strategi Penjualan Digital Dusun Caringin. Harian Dedikasi Pada Warga Aku Putra, 1 (2), 1–6. https: atau atau kekasih. org atau 10. 52005 atau abdiputra. v1i2. 88

Harahap, H. S., Bidadari, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Eksploitasi Digital Marketing Untuk UMKM. Harian Kepatuhan Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3 (2), 77. https: atau atau kekasih. org atau 10. 32493 atau jls. v3i2. p77- 85

Mastarida, F., Sahir, S., Ratnasari, E., Hasibuan, A., Siagian, V., Hariningsih, E., Fajrillah, Gustiana, Z., Tjiptadi, D., & Pakpahan, A. (2022).[III. A. 1. a. 2. 13] FullBook Strategi Alih bentuk Digital.

Saebah, N., & Zaenal Asikin, M. (2022). Daya guna Pengembangan Digital Bidang usaha pada Gen- Z dengan Bentuk Bidang usaha Canvas. Harian Syntax Transformation, 3 (11), 1534–1540. https: atau atau kekasih. org atau 10. 46799 atau jst. v3i11. 649

Shen, H., & Wall, Gram. (2021). Bimbingan LITERASI DIGITAL: PENDAMPINGAN Alih bentuk DIGITAL Pelakon UMKM SUKABUMI PAKIDULAN Oleh. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 1 (2), 73–80. https: atau atau kekasih. org atau 10. 1080 atau 10941665. 2020. 1859057

Utami, N., Oktaviani, N., Rohaeni, S., & Yuliyana, vina. (2024). Kedudukan Alih bentuk Digital Untuk Keberlanjutan Upaya Mikro Di Masa Modern. JurnalEkonomidanBisnisDigital, 2 (01), 423–431.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1149-1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.