
(2) Deviyanti Pangestu

(3) Erni Erni

(4) Riswanti Rini

*corresponding author
AbstractPenelitian ini membahas tentang hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring terhadap hasil belajar sains siswa. Metode pengumpulan data menggunakan asesmen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 40 orang, dengan sampel terdiri dari 22 siswa kelas VA dan 18 siswa kelas VB yang dipilih secara purposive selection. Data diolah dengan uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring berdampak positif terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung (4,56) yang lebih besar dari nilai F tabel (4,35).
Keywordshasil belajar, STAD, Peer Tutoring, IPAS
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.107-112 |
Article metrics10.31604/eksakta.v10i2.107-112 Abstract views : 13 | PDF views : 3 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Bunyamin. 2021. Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. UPT Uhamka Press. Jakarta Selatan.
Djamaluddin, A., dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV Kaffah Learning Center. Kota Pare.
Goliah, M., Jannah, M., dan Nulhakim, L. 2022. Komponen Kurikulum Pembelajaran Khususnya pada Muatan 5 Bidang Studi Utama di SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6).
Rusman, M. 2018. Model-model Pembelajaran: Mengembangakan Profesionalisme Guru.
Raja Farindo Persada. Jakarta.
Sari, P. S., Aprilian, S., dan Khalifatussadiah. 2020. Penggunaan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Elementary School. 1(1). 43-54.
Setiawati, M. S. 2018. Telaah Teoritis: Apa itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 35(1). 31-46.
Suhono. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Unisri Press. Surakarta.
Wahab, G., dan Rosnawati. 2021. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. CV Adanu Abimata. Jawa Barat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.