PENGARUH MODEL STAD BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

(1) * Nyiurista Selfi Rofita Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia)
(2) Deviyanti Pangestu Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia)
(3) Erni Erni Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia)
(4) Riswanti Rini Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring terhadap hasil belajar sains siswa. Metode pengumpulan data menggunakan asesmen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 40 orang, dengan sampel terdiri dari 22 siswa kelas VA dan 18 siswa kelas VB yang dipilih secara purposive selection. Data diolah dengan uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring berdampak positif terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung (4,56) yang lebih besar dari nilai F tabel (4,35).

Keywords


hasil belajar, STAD, Peer Tutoring, IPAS

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.107-112
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.107-112 Abstract views : 13 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Bunyamin. 2021. Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. UPT Uhamka Press. Jakarta Selatan.

Djamaluddin, A., dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV Kaffah Learning Center. Kota Pare.

Goliah, M., Jannah, M., dan Nulhakim, L. 2022. Komponen Kurikulum Pembelajaran Khususnya pada Muatan 5 Bidang Studi Utama di SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6).

Rusman, M. 2018. Model-model Pembelajaran: Mengembangakan Profesionalisme Guru.

Raja Farindo Persada. Jakarta.

Sari, P. S., Aprilian, S., dan Khalifatussadiah. 2020. Penggunaan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Elementary School. 1(1). 43-54.

Setiawati, M. S. 2018. Telaah Teoritis: Apa itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 35(1). 31-46.

Suhono. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Unisri Press. Surakarta.

Wahab, G., dan Rosnawati. 2021. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. CV Adanu Abimata. Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.