PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC LITERACY SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiefah, N. (2014). Pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11(1).
Afif, G. A., Supeno, & Ridlo, Z. R. (2022). Profil Literasi Bioteknologi Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 08–14. https://doi.org/10.31764
Afifah, A. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Socio Scientific Issues (SSI) pada Materi Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik [Thesis (S1)]. Universitas Negeri Surabaya.
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/JPDF.V1I1.195
Alfitriyani, N., Pursitasari, I. D., & Kurniasih, S. (2021). Biotechnology Module Based on Sociosaintific Issues to Improve Student’s Critical Thinking Ability Through Online Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(1), 23–39. https://doi.org/10.26418/JPMIPA.V12I1.43179
Anandari, R., Suama, I. W., & Amiruddin, A. (2023). Hubungan Literasi dan Sikap dengan Sensitivitas Lingkungan Masyarakat. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(1), 242–250. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V9I1.4488
Arends, R. (2012). Learnin to Teach. McGraw-Hill Education.
Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03
Hamidah, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Ekologi [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Ince, E. (2018). An Overview of Problem Solving Studies in Physics Education. Journal of Education and Learning, 7(4), 191–200. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p191
Kartika, I., Kurniasih, S., & Pursitasari, I. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal of Science Education and Practice, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jsep.v3i1.1375
Kemendikbud. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Kemendikbud.
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-LKPD pada Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45288
Kirana, D. G. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Pencemaran Lingkungan [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I1.333
Muhammad, H. F. (2022). Strategi Gallery Walk Berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issue pada Materi Pemanasan Global untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research (NSER), 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/NSER.V2I1.4162
Nurlita, E. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Socio-Scientific Issues (SSI) Mengenai Minyak Bumi dan Energi Alternatif [Bachelor’s Thesis]. UIN Syarif Hidayatullah.
OECD. (2023, December 5). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris : OECD Publishing.
Permanasari, A., Sariningrum, A., Rubini, B., & Ardianto, D. (2021). Improving Students’ Scientific Literacy Through Science Learning with Socio Scientific Issues (SSI). Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566, 323–327. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210715.068
Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Socio Scientific Issue dalam Pembelajaran IPA terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP [Doctoral Dissertation]. Universitas Jember.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/JMPF.V9I1.31612
Putri, P. D., Tukiran, & Nasrudin, H. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) Models Based on Socio-Scientific Issues (SSI) to Improve The Ability of Science Literacy on Climate Change Materials. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1519–1524. https://doi.org/10.26740/JPPS.V7N2.P1519-1524
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Metode Diskusi Isu Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 8–14. https://doi.org/10.26740/JPPIPA.V3N1.P8-14
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/JIPI.V2I2.8814
Sariningrum, A., Rubini, B., & Ardianto, D. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan Konteks Socioscientific Issues pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal of Science Education And Practice, 2(2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep
Selpiyanti, S. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP [Doctoral Dissertation]. UIN Fatmawati Sukarno .
Utami, N., Sukestiyarno, Y., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Wasis, Rahaya, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HOTS dan Literasi Sains.
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.257–267
Refbacks
- There are currently no refbacks.