(2) Enny Susiyawati
*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran IPA berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) dengan pembelajaran IPA tanpa pendekatan SSI terhadap kemampuan scientific literacy siswa SMP ditinjau dari aspek contexts, competencies, knowledge, dan attidtude pada materi bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa salah satu SMP di Kota Surabaya yang terbagi menjadi 29 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes literasi sains, angket sikap sains dan angket respon siswa. Hasil tes dianalisis menggunakan uji N-Gain, sedangkan angket respon siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji N-Gain sebagian besar berkategori sedang dan menunjukkan bahwa peningkatkan kemampuan scientific literacy siswa yang menerima pembelajaran IPA berbasis SSI lebih tinggi daripada siswa yang menerima pembelajaran IPA tanpa pendekatan SSI. Hasil penelitian ini juga didukung dengan data angket respon siswa yang memperoleh respon positif pada kedua kelas, namun respon siswa yang menerima pembelajaran IPA berbasi SSI menunjukkan persentase yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran IPA tanpa pendekatan SSI. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berbasis SSI lebih efektif meningkatkan kemampuan scientific literacy siswa dibandingkan dengan pembelajaran IPA tanpa pendekatan SSI. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan scientific literacy siswa, guru dapat menerapkan pendekatan SSI materi bioteknologi atau yang memiliki karakteristik setara, seperti ekosistem dan keseimbangannya, interaksi antarorganisme, dan lain sebagainya.
KeywordsScientific literacy, Socio-scientific Issues, Bioteknologi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.257–267 |
Article metrics10.31604/eksakta.v9i2.257–267 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Afiefah, N. (2014). Pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11(1).
Afif, G. A., Supeno, & Ridlo, Z. R. (2022). Profil Literasi Bioteknologi Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 08–14. https://doi.org/10.31764
Afifah, A. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Socio Scientific Issues (SSI) pada Materi Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik [Thesis (S1)]. Universitas Negeri Surabaya.
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/JPDF.V1I1.195
Alfitriyani, N., Pursitasari, I. D., & Kurniasih, S. (2021). Biotechnology Module Based on Sociosaintific Issues to Improve Student’s Critical Thinking Ability Through Online Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(1), 23–39. https://doi.org/10.26418/JPMIPA.V12I1.43179
Anandari, R., Suama, I. W., & Amiruddin, A. (2023). Hubungan Literasi dan Sikap dengan Sensitivitas Lingkungan Masyarakat. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(1), 242–250. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V9I1.4488
Arends, R. (2012). Learnin to Teach. McGraw-Hill Education.
Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03
Hamidah, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Ekologi [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Ince, E. (2018). An Overview of Problem Solving Studies in Physics Education. Journal of Education and Learning, 7(4), 191–200. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p191
Kartika, I., Kurniasih, S., & Pursitasari, I. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal of Science Education and Practice, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jsep.v3i1.1375
Kemendikbud. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Kemendikbud.
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-LKPD pada Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45288
Kirana, D. G. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Pencemaran Lingkungan [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I1.333
Muhammad, H. F. (2022). Strategi Gallery Walk Berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan [Skripsi]. Universitas Negeri Surabaya.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issue pada Materi Pemanasan Global untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research (NSER), 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/NSER.V2I1.4162
Nurlita, E. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Socio-Scientific Issues (SSI) Mengenai Minyak Bumi dan Energi Alternatif [Bachelor’s Thesis]. UIN Syarif Hidayatullah.
OECD. (2023, December 5). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris : OECD Publishing.
Permanasari, A., Sariningrum, A., Rubini, B., & Ardianto, D. (2021). Improving Students’ Scientific Literacy Through Science Learning with Socio Scientific Issues (SSI). Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566, 323–327. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210715.068
Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Socio Scientific Issue dalam Pembelajaran IPA terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP [Doctoral Dissertation]. Universitas Jember.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/JMPF.V9I1.31612
Putri, P. D., Tukiran, & Nasrudin, H. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) Models Based on Socio-Scientific Issues (SSI) to Improve The Ability of Science Literacy on Climate Change Materials. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1519–1524. https://doi.org/10.26740/JPPS.V7N2.P1519-1524
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Metode Diskusi Isu Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 8–14. https://doi.org/10.26740/JPPIPA.V3N1.P8-14
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/JIPI.V2I2.8814
Sariningrum, A., Rubini, B., & Ardianto, D. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan Konteks Socioscientific Issues pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal of Science Education And Practice, 2(2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep
Selpiyanti, S. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VII SMP [Doctoral Dissertation]. UIN Fatmawati Sukarno .
Utami, N., Sukestiyarno, Y., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Wasis, Rahaya, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HOTS dan Literasi Sains.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download