(2) Najwa Hasyifa
(3) Rima Anggraini
(4) Nadia Rahma
(5) Risdah Wahyuni
(6) Nurul Fizah Hasanah
(7) Dwi Khairani
*corresponding author
Abstract Penelitian ini berujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pemahaman mahasiswa Tadris Biologi 2 UINSU terhadap materi tersebut, serta untuk mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep dasar sel dan organel sel. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Penelitian ini menggunakan dau metode pengumpulan, yaitu kuis dan kelompok, Subjeknya menggunakan Dosen, Mahasiswa, serta sarana dan prasarana, Objek penelitian ini ialah Univesitas Negeri Sumatera Utara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pemahaman terhadap mahasiswa pada saat perkuliaahan berlangsung hampir seluruhnya mahasiswa menjawab pertanyaan dengan benar, dan mahasiswa lebih banyak memahami materi konsep biologi sel dikarenakan mungkin masih terlalu basic, namun ditemukan adanya kesulitan mahasiswa pada materi struktur dan fungsi organel sel. Mahasiswa sulit menjawab dengan cara cepat, namun hasil jawaban mereka tidak ada yang salah. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil pemahaman mahasiswa tadris biologi 2 mampu dan paham mengenai materi konsep dasar serta struktur,fungsi organel sel.KeywordsKonsep Dasar Biologi Sel, Struktur Sel, Fungsi Sel
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.195–200 |
Article metrics10.31604/eksakta.v9i2.195–200 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Awal, Raudhah., Afidah, Mar'atul., & Wahyuni, Sri. (2018). Analisis Miskonsepsi Biologi Sel Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning. Lectura Jurnal Pendidikan, 9(1), 86-95.
Kurniawati, T. (2020). Biologi Sel. Bandung: Cendikia Press.
Novianti,titta. (2020). Pengertian Biologi Sel Modul Mata Kuliah Biologi Sel. Jakarta: Universitas Esa unggul.
Nuryanti, N., Khoirunnisa, F., & Adriani, N. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Pada Materi Hidrolisis Garam (Studi Kasus Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Tanjungpinang). Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1).
Rahmadina. (2020). Modul Ajar Biologi Sel dan Perannya dalam Kehidupan. Medan: FST UINSU.
Rizka, Suci. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Konsep Biologi Sel & Molekuler Melalui Metode Resume Portofolio. Penelitian dasar keilmuan.
Saptono, Sigit., Rustaman, Nuryani Y., Saefuddin., & Widodo, Ari. (2016). Memfasilitasi Higher Order Thinking Skills Dalam Perkuliahan Biologi Sel Melalui Model Integrasi Atribut asesmen Formatif. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1408-1417.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widya Ramadanti. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Sel Kelas VI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negri Syarifhidayatullah Jakarta.
Wulandari, E. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Pembelajaran Biologi Sel STKIP YPM Bangko. Jumal Biotek.11 (1)
Yeni, dkk. (2019). Identifikas Miskonsepsi Materi Jaringan Tumbuhan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Salah Satu Universitas di Surakarta. Jurnal pendidikan biologi. 10(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download