
(2) Samsidar Samsidar

(3) Muksana Pasaribu

(4) Sarmadan Pohan

(5) Jumaita Nopriani Lubis

(6) Ferdiansyah Daulay

(7) Putriana Putriana

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan yang diberikan di Sanggar Bimbingan Muallim terhadap perkembangan anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia. Sanggar Bimbingan Muallim merupakan bentuk pendidikan informal yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi dampak pendidikan di sanggar tersebut pada perkembangan akademik, sosial, dan emosional anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbatasan dalam sarana dan pra sarana, Sanggar Bimbingan Muallim memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak-anak pekerja migran.
KeywordsPendidikan, Pendidikan Informal, Perkembangan Anak
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.399-405 |
Article metrics10.31604/muaddib.v9i2.399-405 Abstract views : 357 | PDF views : 6 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Arikunto. Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Effendy, T., & Rahmi, A. (2024). Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Pekerja Migran Indonesia di Klang Lama, Malaysia. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hafsiah Yakin, Ipa.2023. Metode Penelitian Kualitatif. Garut: CV. Aksara Global Akademua.
Hardani. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatid dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka ilmu.
Moleong. J. .Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara,
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistyawati. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.
Sutikno, Sobry. 2020. Penelitian Kualitatif. Lombok:Katalog dalam terbitan.
Widiawati, S., Januar, M., Cahyono, H., Sulton, & Nasution, I. F. (2023). Collaborative Governance in Fulfilling the Right to Education for Children of Non-Document Migran Workers in Malaysia. Journal of Governance, 8(2), 225–233.
Yulia, R., & Suhaili, N. (2023). Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3035-3046.
Refbacks
- There are currently no refbacks.