DAMPAK PENDIDIKAN INFORMAL SANGGAR BIMBINGAN MUALLIM TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA

(1) * Darliana Sormin Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Samsidar Samsidar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Muksana Pasaribu Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Sarmadan Pohan Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Ferdiansyah Daulay Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(7) Putriana Putriana Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan yang diberikan di Sanggar Bimbingan Muallim terhadap perkembangan anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia. Sanggar Bimbingan Muallim merupakan bentuk pendidikan informal yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi dampak pendidikan di sanggar tersebut pada perkembangan akademik, sosial, dan emosional anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbatasan dalam sarana dan pra sarana, Sanggar Bimbingan Muallim memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak-anak pekerja migran.

Keywords


Pendidikan, Pendidikan Informal, Perkembangan Anak

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v9i2.399-405
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v9i2.399-405 Abstract views : 357 | PDF views : 6

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arikunto. Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Effendy, T., & Rahmi, A. (2024). Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Pekerja Migran Indonesia di Klang Lama, Malaysia. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hafsiah Yakin, Ipa.2023. Metode Penelitian Kualitatif. Garut: CV. Aksara Global Akademua.

Hardani. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatid dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka ilmu.

Moleong. J. .Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara,

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistyawati. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.

Sutikno, Sobry. 2020. Penelitian Kualitatif. Lombok:Katalog dalam terbitan.

Widiawati, S., Januar, M., Cahyono, H., Sulton, & Nasution, I. F. (2023). Collaborative Governance in Fulfilling the Right to Education for Children of Non-Document Migran Workers in Malaysia. Journal of Governance, 8(2), 225–233.

Yulia, R., & Suhaili, N. (2023). Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3035-3046.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.