PERAN MASJID ABDULLAH BIN UMAR DESA SABUNGAN JAE DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

(1) * Rawalan Harapan Gaja Mail (Pendidikan Agama Islam FAI UMTS, Indonesia)
(2) Rini Agustini Mail (Pendidikan Agama Islam FAI UMTS, Indonesia)
(3) Juwita Sarah Ariesta Mail (Pendidikan Agama Islam FAI UMTS, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Masjid Abdullah Bin Umar desa Sabungan Jae adalah masjid yang bergerak pada tiga bidang yang menjadi poros pergerakannya. Diantaranya adalah bidang pendidikan, dakwah, dan bidang sosial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di lokasi masjid Abdullah bin umar untuk mengetahui peran masjid Abdullah bin umar desa sabungan jae dalam pengembangan pendidikan Islam. Secara normatif peran masjid Abdullah bin umar desa sabungan jae diamati berdasarkan 8 Standar Pendidikan Nasional yang meliputi standar isi; standar proses; standar kompetensi lulusan; standar pendidik dan tenaga kependidikan; standar sarana dan prasarana; standar pengelolaan; standar pembiayaan; dan standar pengelolaan pendidikan. Sedangkan secara historis, peran masjid Abdullah bin umar diamati berdasarkan peran dalam pengembangan pendidikan yang terdapat didalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran masjid Abdullah bin umar pada umumnya belum memenuhi standar penyelenggaraan pendidikan yang ditetapkan Kementrian Agama Republik Indonesia. Namun secara historis, perlahan sudah mulai menyita perhatian masyarakat. Hal ini ditandai dengan berkembangnya bentuk pendidikan yang pada awalnya hanya TPA, namun saat ini sudah ditambah dengan Rumah Tahfidz dan Ma’had Tahfidz dan disamping itu jumlah santri/santriwati yang kian bertambah dari waktu ke waktu.

Keywords


Peran, Masjid, Pendidikan Islam

   

DOI

https://doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.63-78
      

Article metrics

10.31604/muaddib.v8i1.63-78 Abstract views : 475 | PDF views : 207

   

Cite

   

Full Text

Download

References


A. Rosmiaty, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sibuku, 2016

Abdul Latif, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakat, Bandung : PT Refika Aditama, 2011

Abdul Latif, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakat, Bandung : PT Refika Aditama, 2011

Abdul Majid dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014

Abdul Mujib, dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2010

Abdullah Al-Magholuth, Imam Ghazali, Syarifuddin, dkk, Atlas Haji dan Umrah/ Sami Bin Abdullah Al-Magholuth, Jakarta : Almahira : 2010

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010

Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Isalam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012

AgusPahrudin, Dona Dinda Pratiwi, Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum, 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran, Lampung Selatan: Pustaka Ali Imron, 2019

Ahmad Nizar Rangkuti, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Cita Pustaka Media, 2014

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Ahmad Yani, Sejarah Masjid dan Ibadah didalamnya, Jakarta : N.V Visser, 2013

Akram Dhiya’ Al Umari, Seleksi Sirah Nabawiyah: Studi Kritis Muhadditsin terhadap Riwayat, Jakarta : Darul Falah, 2010

Anshoriy, Nashruddin, Pendidikan Berwawasan Kebangsaan (Kesadaran Ilmu Berbasis Multikuralisme), Yogyakarta : PT LKIS Pelangsi Aksara Yogyakarta, 2012

Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2011

Darodjat dan Wahyudiana, “Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk membentuk Peradaban Islam†(Purwokerto : UM-Purwokerto, 2014), hlm. 12, https://media.neliti.com, 14 September 2021

Deden Makbuloh, Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu,Jakarta: Rajawali Pres, 2016

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014

Deti Mulyati, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Aparatur Eselon III dalam Rangka Peningkatan Kinerja Individu, Disertasi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012

Ensiklopedi Hadits, Terjemahan kitab Musnad Ahmad

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana, 2014

Harbangan Siagian, Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistemik, Semarang; Satya Wacana, 2010

Harsono, Etnografi Pendidikan Sebagai Desain Penelitian Kualitatif, Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011

Hasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam : Studi atas Lembaga-lembaga Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2013

Hasan Asari, Sejarah Pendidikan Islam, Medan : Perdana Publishing, 2018 Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001

Hasibuan S.P Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara, 2017

Heri Sucipto, Memakmurkan Masjid Bersama JK, Jakarta : Grafindo Books, 2014

Hujair AH. Sanaky, Pembaruan Pendidikan Islam Paradigma, Tipologi dan Pemetaan Menuju Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta ; Kaukaba Dipantara, 2015

Husain Heriyanto, Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam, Bandung : Mizan, 2011

Indra Jaya, Pengembangan Lembaga Pendidikan dalam Rangka Mneingkatkan Daya Saing di Era Modernisasi, Bengkulu : IAIN Bengkulu, 2017

Jasa Unggah Muliawan, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Kamrani Buseri, Dasar, Asas, dan Prinsip Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia, 2014

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Yogyakarta : Rineka Cipta, 2016

Lexy J. Moeleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2012

M.K Abdullah, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Sandro Jaya

Mangun Budiyanto, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Griya Santri, 2010 Mochamad Jama’ Arif, Pemberdayaan Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam

Bagi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang, Skripsi Sarjana S1fakultas tarbiyah UIN Maulanan Malik Ibrahim Malang, (Malang: Perpustakaan Fakultas Tarbiyah UIN Maulanan Malik Ibrahim Malang, 2010),hlm.XV, http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/562/3/083111020_ Bab2.pdf, 22 November 2021

Moh. E. Ayub, Ramlan Majoned, dkk, Manajemen Masjid, Jakarta : Gema Insani Press, 2007

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2010

Muhamad Saerozi, “Optimalisasi Peran Masjid Dalam Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Di Masjid Baitul Muttaqien Kelurahan Kembangarum Semarang Barat )†)â€, Skripsi Sarjana S1fakultas tarbiyah IAIN W.S, (Semarang: Perpustakaan Fakultas Tarbiayah IAIN Walisongo,2008),hlm. VIII, http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/562/3/083111020_Bab2. pdf, 22 November 2021

Mujamil Qomar, Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : Emir, 2015 Mujamil Qomar, Strategi Pendidikan Islam Jakarta: Erlangga, 2013 Muliawan, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta:Rajawali Pers, 2015

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2010

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogjakarta; Ar Ruzz media, 2017

Novan Ardi Wiyani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung: Afabeta, 2013

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, “Standar Nasional Pendidikanâ€, BAB II Pasal 2

Qur’an Terjemah, Al-Fatih Mushaf Al-Qur’an Per Kata Kode Arab, Jakarta : PT. Insan Media Pustaka, 2013

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2013 Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2011

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.