(2) Rauzaton Maisura
(3) Rosalia Cahya Utama
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran terhadap anak usia dini dengan disabilitas tunagrahita di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita memiliki daya fokus yang rendah, memerlukan pengulangan materi, dan kesulitan dalam memahami instruksi abstrak. Meskipun tersedia fasilitas, pemanfaatan media pembelajaran interaktif masih minim. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan bermain sambil belajar serta individualisasi, yang terbukti membantu dalam mengembangkan aspek kognitif, sosial-emosional, dan motorik anak. Guru juga memberikan pendampingan khusus agar anak mampu menyelesaikan tugas secara bertahap. Kesimpulannya, pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak tunagrahita berkontribusi positif terhadap perkembangan mereka. KeywordsAnak Usia dini; Tunagrahita; Pendidikan.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ipj.v3i1.21460 |
Article metrics10.31604/ipj.v3i1.21460 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Adi, A. (2015). Teori Perkembangan Psikososial Erik Erikson. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4835
Aini, Q., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Permasalahan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SLB Karya Bhakti Surabaya. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1498–1504. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.182
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019
Ashari, D. A. (2021). Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095–1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677
Ayu Maulidiyah, H. (2021). Pendidikan Kebutuhan Khusus Ditinjau Dari Perspektif Psikologi Perkembangan. Berajah Journal, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.58
Cahyati, N. (2019). Permainan Ritmik Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Golden Age, 3(02), 116. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1676
Datul Ishmi. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Masa Pandemi Covid-19. WARAQAT?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.51590/waraqat.v6i1.128
Daulay, N. S., Balqis, R., Fatimah, S., Ritonga, S., Damayanti, P., Sinaga, G. F., Rajali, M., & Tansliova, L. (2025). Hambatan dan Strategi dalam Pendidikan Inklusi Studi Kasus di SLB ABC Melati Aisyiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Medan , Indonesia. 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2464
Fatmawiyati, J., & Permata, R. S. R. E. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD. Flourishing Journal, 2(8), 567–582. https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582
Ginting, R. L., Z Y T, C., Putri, F. A., Siagian, I. Y., Pratiwi, I. D., Nababan, L. F., Panjaitan, M. C., Domianda, P., & Sembiring, T. A. B. (2023). Penanganan Anak Tunagrahita dalam Bentuk Terapi Okupasi Bina Diri. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 167–173. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.350
Graces Maranata, Dina Rotua Sitanggang, Stefani Hagelara Pakpahan, & Emmi Silvia Herlina. (2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, (Tuna Grahita). Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.222
Hakim, A. R. (2018). Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=mendorong+perkembangan+kognitif&oq=mendorong+perkembangan+kong#d=gs_qabs&t=1741282049579&u=%23p%3DW2c1Z_pbdb4J
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Nengsih, Erlin Arini, A. A. (2024). Pentingnya pendidikan inklusi bagi anak tunagrahita. 8(1), 251–261. https://sejurnal.com/pub/index.php/jpim/article/view/521
Ni’matuzaroh, Y. N. (2016). Individu Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusif. Universitas Muhamadyah Malang (Issue November). https://www.researchgate.net/publication/321025477Individu
Nur Rachamadiani, A., Putri, D. F., & Khoeriyah, U. U. (2022). Analisis Karakter Dan Psikologis Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Ash-Shahabah Kabupaten Bekasi. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 39–44.
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10188
Pekalongan, I. (2021). Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Bagi Anak Tunagrahita. 1, 45–58. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/ijiee%0AStrategi
Rahmawati, S. W., & Jagakarsa, U. T. (2018). Penanganan Anak Tuna Grahita (Mental Retardation) dalam Program Pendidikan Khusus. Jurnal Psiko Utama, May, 5–27. https://www.researchgate.net/publication/324861181_Penanganan_Anak_Tuna_Grahita_Mental_Retardation_dalam_Program_Pendidikan_Khusus
Rosmiati. (2019). Pemerolehan Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Pada Tahap Perkembangan Kognitif. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 13(1), 8–15. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2946
Sari, D. M. P., & Kaltsum, H. U. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Tunagrahita Kelas 4 di SD Negeri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 57–69. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3622
Sheila Putri Isroini, N. E. H. (2024). Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SLB B&C Karya Bhakti Surabaya. EduCurio Journal, 2(3), 81. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.3820
Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). Penggunaan Media Animasi Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tunagrahita. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157
Siswa, B., & Kristen, S. M. A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat. 4, 1292–1297. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia
Sukardi. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pendidikan Inklusi 7(Juli), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829
Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Tantangan yang Dihadapi Guru dalam Pembelajaran Inklusif untuk Siswa Tunagrahita Kelas IV di SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin. 2184–2193.
Triana, R. S. (2024). Pentingnya Pendidikan Inklusi Untuk Memenuhi Anak Berkebutuhan Khusus. SPEED Journal?: Journal of Special Education, 8(1), 27–30. https://doi.org/10.31537/speed.v1i8.1860
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Zaskia, A. H., Maulidina, C. A., Azalia, V., Fadilah, A., & Harum, T. M. (2024). Jurnal Unik?: Pendidikan Luar Biasa Literature Review?: Pengaruh Stigma Sosial Terhadap Anak dengan Hambatan Intelektual Literature Review?: The Impact of Social Stigma on Children with Intellectual Disabilities. 9(2), 111–120.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download