(2) Nurhenti Dorlina Simatupang
*corresponding author
AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan melipat dan peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat. Penelitian ini dilaksanakan di TK AL – IDRIS Surabaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan November – Desember 2024. Penelitian tindakan (classroom action research) ini menggunakan metode Kemmis dan Mc Taggart, melalui dua siklus yang tediri dari siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah 20 anak Kelompok A TK AL – IDRIS Surabaya yang berusia 4 – 5 tahun. Data diperoleh dari lembar observasi kemampuan motorik halus konsep melipat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak yang dibuktikan pada perolehan skor kemampuan melipat pada anak. Sebelum penelitian skor rata – rata adalah 45%. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi perubahan skor kemampuan motorik halus pada kegiatan melipat rata – rata kelas menjadi 67, 1%. Pada siklus II perubahan skor kemampuan motorik halus pada kegiatan melipat rata – rata kelas menjadi 87, 1%. KeywordsKemampuan motorik halus; kegiatan melipat; anak usia dini
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ipj.v3i1.21444 |
Article metrics10.31604/ipj.v3i1.21444 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Amini, M., Pd, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (n.d.). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya.
Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini Indri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10444/8008
Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., & Susetyarini, R. E. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus-Respon. Penerbit Adab.
Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika, 20(2), 90–98.
Isroani, F., Mahmud, M. P. S., Qurtubi, P. D. D. H. A., Pebriana, M. P. H., Karim, M. P. D. A. R., & Yuwansyah, M. P. Y. (2023). Psikologi Perkembangan. LovRinz Publishing.
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta Nurkamelia. 2(2), 112–136. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/
konsep melipat 3. (n.d.).
Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3761-3772.
Marselina. (2018). Penerapan Metode Melipat Kertas ( Origami ) Dalam Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok a Di Tk.
Murwani, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Melipat dengan Media Kertas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 459–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1092
Nufus, R. Z. (2022). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Keterampilan Melipat Kertas Origami Di TK MA’Arif 31 Hargomulyo Lampung Timur.
Amini, M., Pd, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (n.d.). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya.
Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini Indri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10444/8008
Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., & Susetyarini, R. E. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus-Respon. Penerbit Adab.
Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika, 20(2), 90–98.
Isroani, F., Mahmud, M. P. S., Qurtubi, P. D. D. H. A., Pebriana, M. P. H., Karim, M. P. D. A. R., & Yuwansyah, M. P. Y. (2023). Psikologi Perkembangan. LovRinz Publishing.
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta Nurkamelia. 2(2), 112–136. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/
konsep melipat 3. (n.d.).
Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3761-3772.
Marselina. (2018). Penerapan Metode Melipat Kertas ( Origami ) Dalam Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok a Di Tk.
Murwani, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Melipat dengan Media Kertas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 459–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1092
Nufus, R. Z. (2022). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Keterampilan Melipat Kertas Origami Di TK MA’Arif 31 Hargomulyo Lampung Timur.
Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397
Nurlaili, M., & Pd. (n.d.). MODUL PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI.
Puspita Sari, P., & Widayati, S. (n.d.). Pengaruh Tahapan Melipat Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Pengaruh Tahapan Melipat Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A RA Bina Insan An-Najiyah Punggul Gedangan Sidoarjo.
Rahmawati, I., Khotimah, N., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MELIPAT KERTAS SEDERHANA KELOMPOK B TK PERTIWI I BALONGBESUK KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2013.
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., ... & Aryuni, M. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai kecerdasan melalui aktivitas seni: analisis kualitatif pengembangan kreativitas pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507-4518.
Sutiani, & Widayati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Asturo Pada Anak Kelompok A Tk Dewi Sartika. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1–5.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Turrahmah, M., & Simatupang, N. D. (2023). Penerapan Permainan Modifikasi Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak. Al-Hikmah?: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 70–87. https://doi.org/10.35896/ijecie.v7i1.544
Widayati, S., Dorlina Simatupang, N., & Maulidiya, R. (2020). KEGIATAN MELIPAT KERTAS LIPAT BERMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK. 3(1), 2622–5484. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download