ANALISIS PEMBELAJARAN SENI MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK USIA DINI

(1) * Sri Wahyuni Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(2) Maulida Shanti Yusuf Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(3) Zhilla Rahim Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(4) Refisa Aulia Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Saat anak belajar, seringkali mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan krayon, yang menghambat kemampuan mereka dalam mewarnai. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang memungkinkananak mengekspresikan bakat seni mereka dengan lebih luas. Salah satusolusinya adalah menggunakan finger painting sebagai media pembelajaran. Finger painting merupakan aktivitas melukis yang menggunakan jari tangan sebagai alatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting penerapan permainan finger painting dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini yang melibatkan penggunaan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi pustaka dan dokumentasi terhadap berbagai hasil penelitian empiris yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting memiliki kontribusi signifikan dalam mengembangkan aspek motorik halus anak, seperti kelenturan otot jari, koordinasi tangan dan mata, serta keterampilan menggenggam dan menekan media. Pembelajaran melalui kegiatan ini juga mendorong anak untuk mengeksplorasi kreativitas secara mandiri dan menyenangkan.

Keywords


Pembelajaran Seni; Finger Painting; Anak Usia Dini

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ipj.v3i1.21348
      

Article metrics

10.31604/ipj.v3i1.21348 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amalia, W., Mayar, F., Anak, P., Dini, U., Padang, U. N., Halus, P. M., & Dini, A. U. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9158–9162. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2435

Chantika, B., Andika, W. D., Dwi, L., & Pagarwati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Seni Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. 7(2), 79–91. https://doi.org/10.31849/paud-reading.v

Fitri Wahyuni, S. M. A. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini Fitri. Journal of Leisure Research, 22(2), 138–153. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Handayani, S., Hidayati, N., & Khotimah, N. (2023). Peningkatan Kreatifitas Seni melalui Pembelajaran Sains Pencampuran Warna dengan Teknik Finger Painting pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 801–813. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.271

Harsismanto, J., Fredrika, L., Andri, J., Kesehatan, F. I., & Bengkulu, U. M. (2020). Pengaruh Intervensi Finger Painting Terhadap Peningkatan Anak Prasekolah The Effect Of Finger Painting Intervention On The Improvement Fine Motor Development In Preschoolers Pendahuluan Anak adalah harapan masa depan bangsa dan investasi kemajuan sebuah n. PROSIDING SENANTIAS 2020, 1(1), 473–482.

Idris, N. R. (2022). Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 79–89. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10352

Insani, L. P. Z. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815

Martini, M. S. (2023). Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746

Mayar, F., Fitri, R. A., & Isratati, Y. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Novitasari, A. (2025). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.828

Rohmah, F. S., & Tasuah, N. (2024). Pengembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Athfal Amanah Desa Jebengsari. 6, 261–269.

Siringoringo, L. B. (2022). Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia 4-6 Tahun 12. Jurnal Sahabat Keperawatan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jsk.v4i02

Susanti, D. (2022). Dampak Penggunaan Metode Finger Painting terhadap Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 5(3), 365–372. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.403

Umar, N. M. (2023). Inovasi Pembelajaran Seni: Implementasi Finger Painting Untuk Menstimulasi Kreativitas Anak. Jurnal Tunas Cendekia, 6(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i1.5487

Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.