PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU GAMBAR TERHADAP PERILAKU POSITIF ANAK USIA 5 TAHUN

(1) * Dewi Yunisari Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(2) Taat Kurnita Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(3) Maulida Shanti Yusuf Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(4) Dina Amalia Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
(5) Khoiriyah Khoiriyah Mail (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pendidikan anak usia dini didefinisikan sebagai pendidikan yang dimulai dari saat lahir sampai usia delapan tahun. Masa ini merupakan awal perkembangan fisik, kognitif, bahasa, keterampilan sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, perilaku positif harus dikembangkan sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media buku bergambar terhadap perilaku positif anak usia 5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode hermeneutik Metode wawancara dan observasi dilakukan pada dua orang guru TK di Banda Aceh. Temuan penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media buku bergambar dapat merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi anak. Penelitian ini juga menemukan keefektifan media buku bergambar untuk pengembangan perilaku positif anak yaitu kemandirian, kedisiplinan, kreativitas dan toleransi.


Keywords


Media buku bergambar; perilaku positif; Anak

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ipj.v2i2.21340
      

Article metrics

10.31604/ipj.v2i2.21340 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Divan, S., & Gervasius Adam. (2023). Persepsi Guru di Gugus Langke Rembong Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1580–1596. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7152

Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567–578. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Multahada, A. (2018). Assesment PAUD Pada Kurikulum 2013. Jurnal Primearly -100, I(2), 100–109.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024). Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572

Nurfaidatulhasanah. (2016). PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP – nurfaidatulhasanah. Cendekia, 15(Iv), 1–5. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i2.722

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Salim, K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. University Teknologi Malaysia, 9(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/271205216

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setiawan, A., & Ahla, S. S. `ul F. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 93–114.

Standar, B., Pendidikan, D. A. N. A., Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., & Indonesia, R. (2022). Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suhendro, E. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.