(2) Dhian Gowinda Luh Safitri
*corresponding author
AbstractTujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu dengan kegiatan mencocok sangat cocok untuk meningkatkan motorik halus anak pada kelompok A di TK Buah Hati Bunda Tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 12 anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan, dan 4 anak laki-laki dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus, dan hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar anak secara kelompok yaitu pada siklus I sebesar 67,5%, dapat meningkat menjadi 91% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peningkatan dalam kemapuan motorik halus anak pada kegiatan mencocok ditingkatkan dengan metode pemberian tugas, dimana anak-anak dapat mengerjakan sesuai gambar yang ditentukan, sehingga minat anak terangsang untuk mengerjakan dengan baik sesuai ketentuan yang diperoleh dikelas, memberikan keterampilan dengan proses yang dilakukan.
KeywordsAnak Usia Dini; Kegiatan Mencocok; Kemampuan Motorik Halus
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ipj.v3i1.20374 |
Article metrics10.31604/ipj.v3i1.20374 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Astuti, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencocok Pola Sederhana Pada Kelompok B Tk Pgri 07 Aikmel. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 110–127.
Budiarti, E. (2024). Kreativitas Dan Inovasi, Model PembelajaranAnmitsuKane. Kaizen Media Publishing.
Dewi, R. V. K., Mustaring, D. I., &Sunarsi, D. (2021). MetodeStimulasi Multiple IntellegencesBagiAnakUsia Dini. Cipta Media Nusantara.
Dwiantari, W. P. (2023). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Mencocok Gambar di TK Tunas Muda Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. 3(1), 28–37.
Fathimah, A., Nurmayanti, M., & Fadhilah, U. (2022). Hubungan Antara Kegiatan Kolase dengan Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 89–93.
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Kusuma, T. C., Boeriswati, E., &Supena, A. (2023). Peran Guru dalamMeningkatkanBerpikirKritisAgustina, L. (2021). SKRIPSI OLEH : LINDA AGUSTINA, A. Ma NPM. A1I112059.
Marselina. (2018). Penerapan Metode Melipat Kertas ( Origami ) Dalam Pengembangan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok a Di Tk.
Nik Roseli, N. E. b., MohdGhazali, N. H. b., Sharim, M. A. b., Che Ani, S. B., & Abdullah, N. A. B. (2023). Effect of toddler play on fine motor skills for 2-3 years old children at taskakemasppakbatuanam. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(3). https://doi.org/10.6007/ijarped/v12-i3/17847
Pratama, L. P., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Implementasi Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Pembelajaran Mencocok Gambar. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 129–133.
Rakhmaningsih, dan F.W. Tri. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencocok Gambar Pada Kelompok B TK Pertiwi I Kalimandi Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Semester Gasal Tahun 2013/2014. Bachelor Thesis.
Refiani, D. (2019). Ahmad Susanto, Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta:Kencana,2015),43 1 9. 9–45.
Santrock, J. W. (2007). A topical approach to life-span development, 3E. Ch, 5, 192.
Sujiono.(2008). Metode Penegmbangan Fisik.Jakarta: Universitas terbuka
Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., &Karakauki, M. (2021). Improving motor skills in early childhood through goal-oriented play activity. Children, 8(11), 994. https://doi.org/10.3390/children8110994
Suratmi, S., Nur, Z., &Ansori, A. (2021). Efforts to improve children's fine motor development through playing pulp at the age of 5-6 years at raudhatulathfal al-fattah, janggabaru village, batin xxiv district. At-Tasyrih: JurnalPendidikan Dan Hukum Islam, 7(2), 77-84. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v7i2.65
Suryana, E., Aprina, M. P., &Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080.
Wahyuni, L., & Delfia, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencocok Pola Gambar Pada Kelompok B di TK Islam Hidayah Tanjung Pauh Mudik Kab . Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12044–12050.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download