UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KOLASE BERBAHAN ALAM DI KELAS B TK NUR ADILAH SIMANGAMBAT

(1) * Sri Ulina Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Rawalan Harapan Gaja Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Isma Ayurani Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Darliana Sormin Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Peneliti dilaksanakan di TK Nur Adilah Simangambat dengan tujuan meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, per siklus 3 pertemuan dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini anak kelas B TK Nur Adilah dengan jumlah 14 orang anak. Dalam pengumpulan data peneliti mengggunakan metode observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 11 anak dengan presentasi 80% pada tahap Berkembang Sesuai Harapan. Setelah peneliti melaksanakan penelitian, maka di dapatkan hasil pra siklus terdapat 0 anak persentase 0%,  pada siklus 1 terdapat  2 anak  dengan persentase 10%, siklus 2 terdapat 12 anak  dengan persentase 84%, sesuai dengan target keberhasilan, maka penelitian ini telah  berhasil dengan kesimpulan  bahwa kegiatan kolase dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Nur Adilah Simangambat.


Keywords


Kreativitas; Kolase; Bahan alam

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ipj.v2i1.16375
      

Article metrics

10.31604/ipj.v2i1.16375 Abstract views : 285 | PDF views : 496

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Elizabeth, Hurlock. (2014). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga. 4

Euis Kurniati, Yeni Rahmawati. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta :Kencana.1

Kurniati Euis, Rahmawati Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana. 15.

Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.5

Noviana, Rina (2018). “Tingkat Kreativitas Anak di PAUD Taam qurrata A’yun Batusangkar, Skripsi, Disertai tidak diterbitkan, Batu Sangkar: FKIP IAIN Batusangkar. 19

Pujianti, Taniredja, (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Guru: Praktis dan Mudah. Alfabeta.

R, Marta.(2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome Melalui Metode Puzzle Pada Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017.1.(1),34.

Solichah, Silvana. (2017). Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indo Publika. 7-8

Susanto, Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara,2018. 71

Verayanti Sri, Muharrar Syakir. (2015). Kreasi Kolase, Montase, Mozaek Sederhana. Jakarta: Erlangga. 8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.