PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGELOLAH PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Nurul Khazanah, Samsidar Samsidar, Rini Agustini, Darliana Sormin, Mira Rahmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelolah pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan pengamatan dan wawancara terstruktur kepada informan penelitian sebagai teknik pengumpulan data. Hasil wawancara tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan disajikan secara naratif. Hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam mengelolah pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak yang sudah dimulai semenjak kelas X sampai kelas XII, dimana setiap minggunya terdapat 2 kali pertemuan selama 2 x 45 menit. Guru menggunakan metode mengajar ceramah, diskusi, dan tanya jawab agar materi yang disampaikan mampu dipahami dan diterapkan oleh siswa. Sementara itu, Upaya yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran berlangsung dengan baik adalah memperbanyak komunikasi secara langsung dengan para siswa terkait materi yang diajarkan sehingga menimbulkan konsentrasi yang penuh di dalam kelas.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32).

Azka Asma Salsabillah. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Habel. (2015). Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 di Desa Setarap Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau. Jurnal Sosiologi, 3(2), 15.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Balai Pustaka.

Muhaini. (2019). Optimalisasi Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Perilaku Positif Siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 177.

Muhammad Suyudi dan Nasrul Wathon. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 2(2), 196.

Oemar Hamalik. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algesind.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.

Soerjono Soekanto. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Sormin, D. (n.d.). KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN DAN MENGELOLA PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN DARUL. 117–130.

Syifa Fauziyah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas V Sd I Darul Mu’minin Ciledug Tangerang. Pustaka Press.

Vita Fitriatul Ulya. (2018). Pendidikan Islam di Indonesia, Problem Masa Kini dan Persfektif Masa Depan. El-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 136.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.