STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN RUTINITAS IBADAH DI SMP IT DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN

Emma Puspa Ningsih, Muksana Pasaribu, Mira Rahmayanti Sormin, Darliana Sormin, Rosmaimuna Siregar

Abstract


Metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi pelaksanaan rutinitas ibadah di kelas VIII-A SMP Islam Terpadu Darul Hasan, (2) mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan rutinitas ibadah shalat dhuha di kelas VIII-A SMP Islam Terpadu Darul Hasan, dan (3) mendeskripsikan dampak dari rutinitas shalat dhuha di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan datanya dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analias data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru wali kelas VIII-A adalah dengan menggunakan strategi campuran antara pembelajaran langsung dan tidak langsung. Kendala yang dihadapi yaitu kelambatan siswa pada saat berwudhu serta kurangnya toilet. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan hukuman bagi siswa yang terlambat mengikuti shalat dhuha, dan menganjurkan siswa perempuan agar berwudhu di rumah terlebih dahulu. Dampak dari rutinitas ibadah shalat dhuha di sekolah adalah siswa terbiasa menjalani rutinitas ibadah dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dibuktikan dengan adanya dampak positif dari pelaksanaan program shalat dhuha ini, yaitu dapat memperkuat keimanan siswa, selain itu pikiran dan hati siswa juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, M. Ali Zainal. 2019. Perbedaan Ibadah Mahdhah dan Ghairu Mahdhah,NU Online: Keislaman Syariah, https://islam.nu.or.id/syariah/perbedaan-ibadah-mahdhah-dan-ghairu-mahdhah-xYfKF

Abror, Khoirul.2019. Fiqh Ibadah, Yogyakarta: Phoenix Publisher

Ade, Irma Nurul, 2022. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negri Palopo, Disertasi Tidak Diterbitkan. Palopo: FTIK PAI.

Ansori, Mohamad. 2013. Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran, Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Dasar, Vol.5, No.2

Bungin, Burhan. 2015. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cetakan ke-9.

Hermayanti, Siti Kaif. 2022. Strategi Pembelajaran, E-Book: Innofast Publishing Indonesia.

Husna, Khotimatul dan Mahmud Arif. 2021. Ibadah dan Praktiknya Dalam Masyarakat, Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol.4, No.2.file:///C:/Users/MASTER/Downloads/2505-Article%20Text-4175-1-10-20210816.pdf

Indonesia, JSIT. 2016. https://jsit.id/sample-page/ (Diakses pada,11 November 2023, 14.46 WIB)

Moloeng, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-38.

Mubarak, Dkk, 2021. Dampak Covid-19 Terhadap Perubahan Manajemen Pembelajaran FDS Pada SMA di Kabupaten Kartanegara, Proceding Studium General, ISBN:978-632-7583-84-4

Mustofa, Ali dan Arif Muadzin, 2021. Konsepsi Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Islamic Education: Annaba. Vol.7, No.2, Hlm.175


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.