MENGANALISA BEBERAPA MODEL DALAM PROMOSI PENDIDIKAN

Lily Zefrina Hasibuan, Rini Agustini, Jumaita Nopriani Lubis, Rahma Yasrah Dalimunthe, Delila Sari Batubara

Abstract


Lembaga pendidikan yang unggul dan diminati oleh banyak konsumen harus melakukan promosi pendidikan secara aktif tanpa adanya promosi pendidikan sekolah akan kalah bersaing. Di era globalisasi saat ini persaingan antar lembaga pendidikan semakin atraktif dan kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan aktivitas pemasaran yang cukup baik dalam rangka membangun citra positif dan menarik minat masyarakat. Manajemen pemasaran yang dapat dilakukan oleh sekolah akan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap jasa pendidikan yang ditawarkan, menetapkan biaya yang tepat , memperluas manfaat jasa pendidikan yang diberikan, mempromosikan secara efektif dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan orientasi kepuasan pelanggan. Sekolah juga perlu memperhatikan bauran pemasaran yaitu produk, harga, lokasi, orang, promosi dan sarana prasarana. Dan yang menjadi faktor pendukung ketika pemasaran ialah sarana dan prasarana sebagai ikon, biaya pemasaran, pemberdayaan guru, status sekolah dan program unggulan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah pemahaman masyarakat dan pengaruh pertemanan. Tulisan ini secara khusus akan membahas tentang beberapa model dalam promosi pendidikan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode penelitian kepustakaan. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan kepustakaan, baik berupa buku, catatan maupun sumber referensi lainnya. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah identifikasi wacana melalui buku, artikel, jurnal, web (internet), dan informasi lain yang berhubungan dengan judul penelitian untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan tema yang akan dibahas.

Full Text:

PDF

References


Ara Hidayat dan Imam Machali. 2016. The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, cetakan ke-1. Jakarta: Pramedia Group.

Atika dan Imam Machali. 2016. Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan di MAN Yogyakarta III. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 2.

Bagus Manunggal dan Sugeng Lubar Prastowo. 2022. Manajemen Marketing Jasa Pendidikan di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 13 Nomor 2.

Faizin, Imam.2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2.

Fradito, Aditia., Suti’ah dan Muliyadi. 2020. Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 10 Nomor 1.

Hidayati Murtafiah, Nurul dan Sigit Hananto. 2022. Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Madrasah. Jurnal An-Nur, Volume 8 Nomor 2.

Jalaluddin, Ahmad., Hilman dan Nurhayati. 2023. Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di MA Palapa Nusantara NW Selebung. Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 5 Nomor 2.

Khasanah, Afidatun. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturrade. Jurnal El-Tarbawi, Volume VIII Nomor 2.

Lay, Sergius., Sukarman Purba dan Irsan Rangkuti. 2023. Strategi Promosi Sekolah dalam Merekrut Calon Peserta Didik Baru di SMPS Bunga Mawar Gunungsitoli-Nias. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, Volume 9 Nomor 1.

Mustafa Kamal, Ibrah dan Nursahwal.2023. Strategi Promosi Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Harun Al-Rasyid Bontonompo Kabupaten Gowa. Jambura Economic Education Journal, Volume 5 Nomor 1.

MY,Mahmud., Riftiyanti Savitri dan Lesiana Oktorita. 2021. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Animo Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management in education, Volume 6 Nomor 1.

Mukhtar Muhammad S. 2017. Pemasaran dan Upaya Dalam Mempengaruhi Harapan Stakeholder Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi Volume 14 Nomor 2.

Nurul Huda, Mohammad. 2020. Manajemen Pemasaran Sekolah. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume VIII Nomor 1.

Syiami Ramadina, Putri., Taufik dan ‘Akil. 2021. Strategi Marketing Pendidikan melalui Media Sosial di Sekolah. PeTeKa, Volume 4 Nomor 3.

Syarifah, L.S. 2021. Bagaimana Pemasaran Jasa Pendidikan Mempengaruhi Pesantren: Efek Pada Aspek Mutu. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 9 Nomor 1.

Taufik, Muhammad., Nasrudin Harahap dan Nurul Hidayati Murtafiah. 2023. Manajemen Pemasaran Pendidikan di Era Milenial. Journal on Education, Volume 05 Nomor 04.

Wahyudi, Kacung. 2017. Manajemen Pemasaran Pendidikan. Kariman, Volume 5 Nomor 1.

Wijaya, David. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan “Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing”. Jakarta: Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.