PENERAPAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui penerapan teori konstruktivisme pada proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan pada sekolah menengah atas. Dengan pelaksanaan penelitian ini, penulis memiliki harapan dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang dilakukan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah teori belajar konstruktivisme, hal ini dipilih agar peserta didik mampu mandiri dalam belajar. Dengan demikian, jika penerapan ini dapat dilaksanakan dengan baik maka guru hanya memiliki peran sebagai fasilitator saja. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan judul penelitian yang bersumber dari jurnal. Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam menurut teori konstruktivisme menemukan banyak faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran, namun dalam implementasinya sejauh ini sudah berjalan cukup baik dan memiliki perkembangan karena mengutamakan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid & D. Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004). Rosdakarya.
Agus N Cahyo, Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler, (Jogjakarta, Divapres: 2013). Hal.33
Dale H. Schunk, Learning Theories An Education Perspective, Di Terjemahkan Oleh Eva Hamdiah, Rahmat Fajar, Dengan Judul Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. (Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2012). Hal.323
Darajat. Z (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Vii). Bumi Aksara.
Faizah, Silviana. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran,” no. March 2020 https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Mufarrokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Citra Media.
Pd, Mano, Nurlina Nurlina, and Universitas Muhammadiyah Makassar. Teori Belajar Dan Pembelajaran, 2021.
Stit, Suparlan, Palapa Nusantara, and Lombok Ntb. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran” 1 (n.d.): 79–88.
Subroto, S. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 172 timesPDF - 86 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.