METODE PENGAJARAN FIQH DAN PENGARUHNYA TERHADAP INTERPRETASI SANTRI DALAM MENDALAMI AJARAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MUARA MAIS JAMBUR KECAMATAN TAMBANGAN

Nur Ganti Ritonga, Maimunah Dongoran, Maulida Harefa

Abstract


Pelajaran fiqh yang berisikan materi yang berhubungan dengan dengan syaria’t islam, pemilihan metode pengajaran yang tepat dalam bidang ini diharapkan menghasilkan kecakapan siswa yang mampu mengaflikasikan antara teori dan praktek di lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara dengan jumlah sampel sebagai responden penelitian sebanyak 50 orang santri. Adapun teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa r hitung adalah 0,82 dan r tabel adalah 0,28 dimana r hitung lebih besar dari r tabel (0,82 > 0,28) pada taraf signifikansi 95% dengan korelasi sangat tinggi. Dengan demikian hipotesa yang mengatakan ‘metode pengajaran fiqh mempengaruhi interpetasi santri MAS Darul Ulum dalam mendalami ajaran islam di Pondok Pesantren Muara Mais Jambur Kecamatan Tambangan’ dapat diterima. Artinya,bahwa penerapatan metode pengajaran fiqh yang dilaksanakan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran berlangsung dapat mempengaruhi santri dalam meng interpretasikan ajaran islam di Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur Kecamatan Tambangan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, and Widodo Supriyono. “Psikologi belajar”, Jakarta: Rineka Cipta. (1991).

Al Toumy Al Syaibany, Omar Mohammad, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang. (1979).

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik." Jakarta, Rineka Cipta. (1991).

Barnadib, Imam. "Filsafat Pendidikan: Pengantar Mengenai Sistem dan Metode”. Yogyakarta: FIPIKIP. (1994).

Departemen Agama RI , Al-Qur'an dan Terjemahannya, Semarang: Toha Putra. (1996)

Dapartemen Pendidikan dan Kebuayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. (1992).

Hadari Nawawi, “Metode Penelitian Bidang Sosial”, Yogyakarta: Gajah Meda Universiti Press.

Hamalik, Omar. “Media Pendidikan”, Bandung: Citra Aditya Bakti. (1999).

M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang. (1997).

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara. (1991).

Nur, Uhbiyati. "Ilmu Pendidikan Islam II: Untuk Fakultas Tarbiyah MKDK." (1999).

Poerwadarminta, Wilfridus Josephus Sabarija. “Kamus umum bahasa Indonesia.” (1966).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia. (2006).

Sudjana, Nana. "Penilaian hasil proses belajar mengajar." Bandung, Remaja Rosdakarya (2002).

Sudijono, Anas. “Pengantar statistik pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (1997).

Sugiyono, M. P. P., and P. Kuantitatif. "Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta." Cet. Vii (2009).

Surakhmad, Winarno. "Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar." Bandung: Teknik Tarsito (1982).

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers. (1999).

Uzeir Usman, Moh. “Menjadi guru profesional.” Bandung, Remaja Rosdakarya. (1995).

Zuhairini, dkk. “Metode Khusus Pendidikan Agam,.” Surabaya: Usaha Nasional. (1991).


Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.