KEARIFAN LOKAL DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN TERNAK KERBAU BERBASIS KAWASAN DI KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Muhammad Hakim, Nining Suningsih

Abstract


Masyarakat Musi Rawas Utara memiliki budaya dalam sistem pemeliharaan ternak kerbau dimana sistem pemeliharaan bersifat tradisional dan erat kaitannya dengan nilai kearifan lokal. Tujuan penelitian adalah mengetahui kearifan lokal dalam mendukung perkembangan ternak kerbau berbasis kawasan. Objek yang diamati peternak dan stakeholder lainnya. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis deskriptif kuantitatif dan analisis Lacation Quantient (LQ) untuk menentukan wilayah kawasan. Luaran yang di targetkan publikasi artikel dijurnalnasional terakreditasi peringkat 1-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 bentuk kearifan lokal dalam mendukung pengembangan ternak kerbau yaitu pemeliharaan sistem piket bergilir, sistem gaduhan ternak kerbau dari masyarakat, hukum adat tentang ternak kerbau, sistem pencarian ternak kerbau secara berkelompk pada sore hari, peloncengan pada ternak kerbau, sistem pemeliharaan ternak secara berkelompok (kolektif), serta pembangunan kandang secara berkelompok (kolektif). berdasarkan analisis LQ terdapat 3 Kecamatan kawasan ternak kerbau yaitu Kecamatan Rawas Ulu, Kecamatan Ulu Rawas dan Kecamatan Rupit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan terdapat 7 kearifan lokal yang mampu mendukung pengembangan ternak kerbau berbasis kawasan dan 3 wilayah kawasan ternak kerbau di Kabupaten Musi Rawas Utara.


Keywords


Ternak kerbau, kearifan lokal, piket bergilir, model kolektif, kawasan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2015. Musi Rawas Utara Dalam Angka, Kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Musi Rawas Utara dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Musi Rawas : Musi Rawas Utara.

Badan Pusat Statistik, 2018. Musi Rawas Utara Dalam Angka, Kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Musi Rawas Utara dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Musi Rawas : Musi Rawas Utara.

Chamdi, 2003. Kajian Profil Sosial Ekonomi Usaha Kambing di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner . Bogor 29 -31 September 2003. Bogor ; Puslitbang Peternakan Departemen Pertanian. 312-315.

Sidu, 2002. Perilaku Masyarakat Tani dalam Konservasi Tanah dan Air di Kawasan DAS Wirongo Kabupaten Sleman. Tesis program Pasca Sarjana UGM, Jogjakarta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis CobbDouglas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 250 hal.

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi, cetakan keempat,Yogyakarta : Ekonomia, 2007,

Chantalakhana dan P. Skunmun. 2002. Sustainable Smallholder Animal System in The Tropics. Kasetsart University Press. Bangkok.

Sudarmono, Sugeng, 2008, Sapi Potong, Penebar Swadaya, Jakarta.

Rianto dan Purbowati, 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta

Situmorang, 2003. Performans Reproduksi dan Pengelolaan Sapi Potong Induk Pada Kondisi Peternakan Rakyat. Pros. Seminar Inovasi Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor, 29-30 September 2003. Puslitbang Peternakan

Suparmini, 2013. Pelestarian lingkungan masyarakat baduy berbasis kearifan lokal. Jurnal Penelitian Humaniora. 18(1), hlm. 8-22

Istiawati, F.N. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendikia, 10(1): 1-18

Faisal Y. 2006. Langkah Operasional Swasembada Daging 2010. Informasi Agribisnis

Sinar Tani. Edisi 13-19 September 2006 No. 3167 Tahun XXXVII. Jakarta : Departemen Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v6i1.6416

Article Metrics

Abstract view : 1373 times
PDF - 913 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.