EVALUASI NUTRIEN PAKAN SAPI PERAH LAKTASI PRODUKSI SEDANG DI KOPERASI MERAPI SINGGALANG PADANG PANJANG SUMBAR

Infitria Infitria, Imelda Siska, Yoshi L A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrien ransum sapi perah laktasi sedang di Koperasi Merapi Singglang, Padang Panjang, Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Merapi Singgalang Padang Panjang sumatera Barat dan Laboratorium Teknologi Industri Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas pada bulan Mei sampai Agustus 2019. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalahseluruh bahan pakan konsentrat yang diberikan pada ternak sapi perah laktasi. Metode yang digunakan adalah metode survey dan turun langsung kelapangan, analisis data dilakukan secara deskriptif.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kandungan nutrisi pakan ternak sapi perah yang terdapat di bawah naungan atau wadah Koperasi Merapi Singgalang Padang Panjang yaitu Bahan kering 81.77%, Protein kasar 6.86%, Lemak kasar 2.76%, serat kasar 25.25%, BETN 34.72% dan abu TDN 73.03%.Hasil kandungan nutrisi tersebut memperlihatkan bahwa rataan kandungan bahan pakan pada lima kelompok peternakan relatif beragam. Hal ini diduga karena perbedaan jenis dan kualitas pakan yang diberikan pada masing-masing peternak. Kesimpulan dari penelitian yang sudah dilaksanakan adalah bahwa kandungan nutrien konsentrat sapi perah laktasi sedang di Koperasi Merapi Singgalang termasuk kategori cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Damayanti, E. 2017. Evaluasi Kecukupan Nutrien Sapi Perah Terhadap Produksi dan Kualitas Susu Serta Performa yang Dihasilkan pada Peternakan Rakyat. [Skripsi]. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Despal, Lestari A, Destiningsih Y, Malyadi Z, Hartono H, Abdullah L. 2013. Nutrient intake and their their relation to milk production and qualities under traditional and small scale Indonesian dairy farm enterprises. Procedding 3th AINI International.

Indriani. AP, Muktini dan Pangestu. 2013. Konsumsi dan Produksi Protein Susu Sapi Perah

Laktasi Yang Diberi Suplemen Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dan Sengg

Proteinat. Animal Agriculture Ternak Vol 2.

Miller, WJ. 1979. Dairy cattle feeding and Nutrition Academic Press. New York. San Fransisco, London.

Moran J. 2012. Managing Hight Grade Dairy Cows in the Tropic. Australia (AU): CSIRO Publishing.

NRC. 2001. Nutrient Requirement of Dairy Cattle. 8th Edition. National Academic ofScience, Washington D.C.

Parakkasi, A. 1988. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. University Indonesia Press, Bogor. Pennsylvania State University.

SNI(Standar Nasional Indonesia). (2017). Pakan Konsntrat Bagian 1- Sapi Perah. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta

Suminar, D.R. 2011. Jenis Hijauan pakan Pada Peternakan Kambing Rakyat di Desa Cigobang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Propinsi Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Sutardi, T. 1981. Sapi Perah dan Pemberian Makanannya. Departemen Ilmu Makanan Ternak. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v5i2.4491

Article Metrics

Abstract view : 6393 times
PDF - 5396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.