ADOPSI INOVASI PETERNAK SAPI POTONG TERHADAP TEKNOLOGI PAKAN DI DESA SAWOJAJAR, KOTABUMI UTARA

Boby Arya Putra

Abstract


Inovasi adalah gagasan, tindakan atau barang yang dianggap baru oleh seseorang. Kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah teknologi peternakan agar dapat diadopsi oleh peternak adalah teknologi harus sederhana, tidak rumit dan mudah dicoba peternak. Semakin mudah teknologi baru untuk dapat dipraktekkan, maka makin cepat pula proses adopsi inovasi yang dilakukan peternak. Desa Sawojajar terletak di Kecamatan Kotabumi Utara dengan jarak 8 km dari Ibu kota Kecamatan Kotabumi Kota yang memiliki luas wilayah ±1960 Ha, dengan luas lahan paling banyak digunakan untuk lahan perkebunan yaitu mencapai 1300 Ha/m2. Komoditi pertanian yang banyak dikembangkan antara lain tebu, sawit, singkong, padi, dan ubi-ubian, sedangkan komoditi peternakan yang banyak dikembangkan oleh masyarakat adalah Sapi dan Kambing. Teknologi pakan yang diketahui sebagian besar peternak adalah teknologi pencacahan, silase hijauan dan fermentasi jerami padi. Kebutuhan peternak terhadap teknologi pakan adalah teknologi yang dapat memanfaatkan sumberdaya bahan pakan yang tersedia, murah dan mudah dilakukan. Bentuk dan metode pendekatan komunikasi yang digunakan dalam meningkatkan adopsi teknologi pakan sapi potong tergantung penyuluh dengan memperhatikan kondisi peternak/ kelompok peternak.


Keywords


Adoption of Innovation, Feed Technology, Sawojajar Village.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:RinekaCipta.

Bertrandias,L.andR.E.Goldsmith,2006.Some psychological motivations for fashion opinion leadership And fashion opinion seeking, Journal of Fashion.

Darmastuti,R. Dan M.K. Prasela .2010.Two ways communication: Sebuah model pembelajaran dalam komunitassamin di Sukolilo Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi8:204-216.

Lestari,P.dan Machya. 2010.Model komunikasi dalam sosialisasi pengarus utama gender dan anggaran diProvinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. JurnalIlmuKomunikasi8:191-203.

Musyafak, A. dan Ibrahim, T. M. 2005. Strategi percepatan adopsi dan difusi inovasi pertanian mendukung Prima Tani. Analisis Kebijakan Pertanian1: 20-37.

Prajarto,N. 2004. Komunikasi multikultural dalam perspektif HAM. Jurnal Ilmu Komunikasi 2 Nomor 2.

Rogers, E. 2003.Difussion of Innovations. Fifth Edition. Free Press. New York, London,Toronto,Sidney.

Sutrisno, C. I. 2009. Pemanfaatan Sumber Daya Pakan Lokal Terbarui. Proceeding SeminarNasional Kebangkitan Peternakan. Program Magister IlmuTernak Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Soekartawi. 2005. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Universitas Indonesia Press,Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v5i1.3090

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.