PENGARUH PENGGUNAAN TWITTER TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA PENGIKUT AKUN TWITTER @RACUNBELANJA

Cahyati Dwi Muliani, Firdaus Yuni Dharta, Oky Oxcygentri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Twitter terhadap pemenuhan kebutuhan informasi dikalangan pengikut akun Twitter @RacunBelanja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksplanasi dalam memperoleh data. Hasil analisis dari pertayaan penelitian ini menunjukkan bahwa indikator-indikator tersebut berpengaruh dalam penggunan Twitter terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Pada uji determinasi R Square dapat disimpulkan bahwa variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y dengan nilai 20% dan sisanya 80% merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hasil ini dapat dilihat dari nilai siginikansi 0,000<0,05.

Keywords


Penggunaan media, penggunaan twitter, twitter, kebutuhan informasi

Full Text:

PDF

References


Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial (Edisi pertama). Jakarta, Indonesia: KENCANA.

Astari, N. (2021). Sosial Media Sebagai Media Baru Pendukung Media Massa untuk Komunikasi Politik dalam Pengaplikasian Teori Agenda Setting: Tinjauan Ilmiah pada Lima Studi Kasus dari Berbagai Negara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis JTEKSIS, 3(1), 131-142. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.

Bekalu, M. A., McCloud, R. F., & Viswanath, K. (2019). Association of Social Media Use With Social Well-Being, Positive Mental Health, and Self-Rated Health: Disentangling Routine Use From Emotional Connection to Use. Health Education & Behavior, 46(2_suppl), 69S-80S. https://doi.org/10.1177/1090198119863768

Idris, M. (2021, Mei 20). Mengenal Apa Itu Cashback dan Bedanya dengan Diskon. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2021/05/20/102137326/mengenal-apa-itu- cashback-dan-bedanya-dengan-diskon?page=all

Kemp, S. (2022, Januari 26). Digital 2022 Global Overview Report. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report

Liswijayanti, F. (2019, Januari 3). Fenomena Cashback, Solusi atau Konsumtif?. Diakses dari https://www.femina.co.id/money/fenomena-cashback-solusi- atau-konsumtif-

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A. (2005). Theories of Human Communication.(Edisi 8). California, Amerika Serikat: Wadsworth Publishing Company.

McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communicationn Theory.(Edisi 6). Netherlands: SAGE Publications, Ltd.

Ningrum, R. K. & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi – JRMDK, 2(2), 60-67. DOI:http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.10320

Pratama, R. A. & Herlina, M. (2021). Pengaruh Terpaan Pemberitaan Virus Corona Di Kabupaten Bogor Pada Media Online Cnn Indonesia Terhadap Tingkat Kecemasan Warga, PANTAREI, 5(2).

Putri, A. R. (2019). Alasan Main Twitter Lebih Asyik Dibandingkan Facebook dan Instagram. Diakses dari https://kumparan.com/kumparantech/alasan-main-twitter-lebih-asyik-dibandingkan-facebook-dan-instagram1qvdDyuGOUI/4

Ramadhany, A., Safitri, A. A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS, 3(1), 30-43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.18.

Riani, N. (2017). MODEL PERILAKU PENCARIAN INFORMASI GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14-20. Doi:https://doi.org//10.24269/pls.v1i2.693

Sari, M. M., Kusumasari, B., & Hadi, M. P. (2021). MEDIA SOSIAL (TWITTER) UNTUK KOMUNIKASI TANGGAP DARURAT ERUPSI GUNUNGAPI AGUNG 2017. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(2), 201–218. https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.2396

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.(Edisi 19). Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Suparto, D. & Habibullah, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Twitter Dalam Penyebaran Informasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Kabupaten Pemalang). Indonesian Governance Journal(Kajian Politik– Pemerintahan), 04(1). https://doi.org/10.24905/igj.v4i2.1927




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i1.2023.119-125

Article Metrics

Abstract view : 5973 times
PDF - 3120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.