AKTUALISASI NILAI RELIGIUS DALAM UPACARA NGASA DI KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU KABUPATEN BREBES

Zulfah Khumaeroh, Sulyana Dadan, Elis Puspitasari

Abstract


Upacara ngasa merupakan ritual adat yang sudah ada sejak dulu hingga saat ini dan dilakukan sekali dalam setahun oleh masyarakat di Kampung Budaya Jalawastu. Upacara ngasa dipengaruhi oleh berbagai kepercayaan yang berkembang sesuai masanya. Hal tersebut membuat upacara ngasa mengandung nilai religius yang cukup kompleks. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk aktualisasi nilai religius dalam upacara ngasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teori  tindakan sosial sebagai landasan analisisnya. Hasil penelitian menunjukan, bahwa: (1) aktualisasi nilai religius dalam upacara ngasa di Kampung Buaya Jalawatu  mengandung nilai religius yang dipengaruhi oleh kepercayaan; Animisme-Dinamisme, Sunda Wiwitan, Hindu-Budha, dan Islam. (2) aktualisasi nilai religius tersebut diwujudkan dalam lima hal, yaitu: waktu pelakanaan upacara ngasa, tempat upacara ngasa berlangsung, peralatan yang digunakan dalam upacara ngasa, makanan yang disajikan dalam upacara ngasa, dan pakaian yang dikenakan pada upacara ngasa. (3).


Keywords


Nilai Religius, Kepercayaan, Upacara Ngasa.

Full Text:

PDF

References


Koentjaraningrat.1996. Pengantar Antropologi I. Jakarta : PT Rineka Cipta

Thoha, chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Handayani, Rif’ati Dina, Zuhdan Kun Prasetyo, Insih Wilujeng. 2018.Pranatamangsa Dalam Tinjauan Sains. Ponorogo: Calina Media

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Fadlillah, Mia Nur, & Teguh Supriyanto. Upacara Tradisi Ngasa di Dukuh Jalawastu Desa Ciseureuh Kabupaten Brebes. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa 8.1 (2020): 16-25.

Iskandar, Azis. Makna Simbol Komunikasi Dalam Upacara Adat Ngasa Di Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kabupaten Brebes. Diss. Universitas Islam Sultan Agung, 2019.

Sunanang, Asep, & Asma Luthfi. Mitos Dayeuh Lemah Kaputihan pada Masyarakat Dusun Jalawastu Kabupaten Brebes (Tinjauan Strukturalisme Levi-Strauss). Solidarity: Journal of Education, Society and Culture 4.1 (2015).

Umanailo, M. Chairul Basrun. (2019). Paradigma Konstruktivis

Rokhman, Rizza Aulia. Upacara Adat Ngasa Masyarakat Jalawastu (Studi Kasus di Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes). Diss. Fakultas Ilmu Budaya, 2020.

Zaqiah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : Pustaka setia

Kemenag. 2021. Anggara Kasih sebagai Wujud Kasih Sayang. Di akses pada 24 Maret 2022 melalui https://bali.kemenag.go.id/bangli/berita/23888/anggara-kasih-sebagai-wujud-kasih-sayang




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2021.1412-1425

Article Metrics

Abstract view : 1310 times
PDF - 843 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.