FENOMENA PENGAMEN ONDEL-ONDEL DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Adlan Supadya, Firdaus Yuni Dharta, Muhammad Ramdani

Abstract


Keberadaan pengamen jalanan telah menjadi fenomena, Hampir di setiap sudut kota-kota besar terdapat pengamen yang beraksi. Pengamen jalanan kerap muncul akibat adanya kemiskinan dan kesenjangan pendapatan di kota-kota, Fenomena pengamen yang saat ini cukup ramai adalah pengamen menggunakan Ondel-Ondel, Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang makna, motif dan pengalaman dari para pengamen ondel-ondel. dalam penelitian ini ingin mencari tahu suatu fenomena yang berasal dari pengalaman para informan secara langsung, dan juga ingin mengetahuui makna motif dan pengalaman komunikasinya.Hasil yang didapat dari data keseluruhann informan mengenai makna pengamen ondel-ondel menurut mereka ialah menghibur orang lain ,sebagai penghilang bosan, perluas teman dan mandiri. Motif para informan terbagi menjadi because motive yang mereka lakukan ini antara lain dengan niat melestarikan budaya, menghibur diri, mencari nafkah dan ada juga untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan  motif dari in order to motive mereka mempunyai tujuan sama yakni mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari. Berdasar pada pengalamannya komunikasi saat bertemu dengan sesame pengamen ondel-ondel saling sapa sedangkan dengan masyarkat umum biasanya selalu bersikap ramah.


Keywords


Fenomena, Fenomonologi, Pengamen ondel-ondel.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana.

Devito, J. (2011). Komunikasi Antarmanusia (5th ed.). Karisma Publishing Group.

Indonesiakaya. (2020). Ondel-Ondel, Bukan Sekadar Boneka Raksasa. Site Indonesiakaya.Com. https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/ondel-ondel/

Kuswarno, E. (2009). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjajaran.

Moha, I., & Sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Musnur, I., & Amelia, V. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL KAMPANYE PELESTARIAN KESENIAN ONDEL-ONDEL. JURNAL NARADA, 7(September). https://doi.org/10.2241/narada.2020.v7.i2.004

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Norman K. Denzin, Y. S. L. (2009). QUALITATIVE METHODS. Pustaka Pelajar. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9769/handbook-of-qualitative-research.html

Nurtyasrini, S. (2015). Pengalaman komunikasi komunitas pemulung di TPA Bantar Gebang. Universitas Padjajaran.

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suriyadarma, S. N. A. (2018). MENGENAL KEBUDAYAAN ONDEL-ONDEL BETAWI DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH JAKARTA. Domestic Case.

Syafnidawaty. (2020). APA ITU POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. Https://Raharja.Ac.Id/. https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/

Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma Konstruktivis. 96–97. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t

WHO. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i6.2021.1686-1695

Article Metrics

Abstract view : 2846 times
PDF - 1592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.