Konsep Diri Pengguna Media Sosial TikTok pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi

Endah Iri Aryani, Isni Reniati

Abstract


Aplikasi TikTok berkembang secara luas dengan ditandai banyak pengguna media sosial TikTok di berbagai kalangan usia. Aplikasi TikTok dimanfaatkan oleh setiap pengguna sebagai hiburan dan kepuasan jati diri dari hasil pujian, tanggapan dan pengakuan khalayak masyarakat. Penggunaan media sosial TikTok memusatkan pada penggunanya dimana pengguna bebas mengekspresikan diri. Hal ini menarik untuk dikaji apa yang membentuk konsep diri pada penggunanya yaitu khusus kalangan mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana individu menyesuaikan konsep diri berdasarkan konstruksi yang berlaku di masyarakat dan melihat bagaimana media sosial TikTok memengaruhi konsep diri individu. Teknik penelitian menggunakan desain fenomenologi serta teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengembangan konsep diri atas tindakan, pikiran (mind), diri (self), dan masyarakat (society) mahasiswa/i dalam penggunaan media sosial TikTok melalui proses adaptasi dan imitasi. Sehingga pembentukkan identitas diri menghasilkan produk (konten video TiKTok) sebagai terwujudnya refleksi atas diri mahasiwa/i dan refleksi masyarakat terhadap diri mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi. Secara tidak langsung, media sosial TikTok memengaruhi pembentukkan konsep diri mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi.

Kata kunci: Konsep Diri, Media Sosial, TikTok

 


Full Text:

PDF

References


Adwiyah, P. D. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi. 14 (2), 135-148. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/7504

Apriliani, R., & Setiawan, R. (2019). Konstruksi Konsep Diri Mahasiswi Penggemar Budaya Populer Korea. Jurnal Hermeneutika. 5(2), 107-120. https://dx/doi.org/10.30870/hermeneutika. v5i2.7234

Fauziah, Y. R. (2019). Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Kota Bandung dalam Menunjukan Eksistensi Diri di Lingkungan Pergaulannya) (Undergraduate thesis, Universitas Komputer).

Hasny, F. A., Shavira H. R., & Irwansyah. (2021). Eksplorasi Konsep Diri para Pengguna TikTok dalam Memenuhi Social Needs pada Uses and Gratification Theory. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 114- 127. https://doi.org/1051544/jlmk.v5i2.1671

Kusuma, D. N. S. C., & Oktavianti R. 2020. Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi TikTok). Jurnal Koneksi, 4(2), 372-379. https://dx/doi.org/10.24912/kn.v4i2.82.14

Mead, G. H. (2018). Mind, Self and Society (William Saputra, Penerjemah). Group Relasi Inti Media (IKAPI).

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Mustaqimah, N., & Novi D. S. (2021). Konsep Diri Generasi Z Pengguna Aplikasi TikTok di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Medium, Vol. 9 No. 2, 148-166. https://doi.org.10.25299/medium.2021.vol9(2).8430

Nurmala, M. D., Afrizal, S., & Wibowo, T. U. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perubahan Sosial Mahasiswa. Jurnal Hermeneutika, 8(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v8i1.15118

Putri, R. H. (2021). Rasa Malu dalam Media Sosial TikTok. (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel).

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi (cetakan ketiga puluh). Remaja Rosdakarya.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Postmodern (Saut Pasaribu, Rh. Widada & Eka Adi Nugraha, Penerjemah). Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wandi. (2020). Social Media TikTok in Islamic Perspective. Jurnal Palakka: Media and Islamic Communication, 1(1), 13- 22. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/palakka/article/view/698/pdf

Wijaya, K. K. (2015). Berapa Jumlah Pengguna Website, Mobile, dan Media Sosial di Indonesia. Artikel berita, http://id.techinasia.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.176-183

Article Metrics

Abstract view : 2166 times
PDF - 495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.