Strategi Brand Identity Sylmi Basic Melalui Instagram @sylmi.basic
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi brand identity dari Sylmi Basic melalui platform Instagram @sylmi.basic. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sylmi Basic berhasil membangun identitas merek yang kuat dengan menggunakan elemen-elemen teori brand identity oleh Kapferer, seperti physique, personality, culture, relationship, reflection, dan self-image. Penggunaan media sosial Instagram dan TikTok sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan engagement dengan konsumen. Selain itu, peran owner sebagai influencer juga memberikan keuntungan kompetitif dalam kegiatan promosi. Interaksi yang aktif dengan konsumen melalui konten edukatif dan inspiratif memperkuat hubungan emosional dan loyalitas pelanggan. Sylmi Basic juga menerapkan prinsip sustainability dalam packaging produknya, yang mendukung citra positif merek di mata konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiansyah, R. (2024). Strategi Peningkatan Brand Awareness Untuk Membentuk Brand Recognition dan Brand Identity Pada UMKM Di Desa Kebonturi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 625-632.
Alfiansyah, R., Pamungkas, R. A., & Rosmaningsih, D. E. (2023). Edukasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Strategi Product Branding. Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-84.
Afira, R., & Marta, W. (2021). Sosialisasi desain visual brand identity friendly bagi usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Majalah Ilmiah UPI YPTK, 54-59.
Daniar, A., Marta, R. F., & Sampurna, A. (2020). Defining Brand Identity of Noesa Woven Fabric through Total Branding in Online Media. Diakom, 3(1), 77-88.
Kurniawan, R., & Fahriansyah, E. (2023). Perancangan komunikasi visual Brand Identity Nela Tenun Songket Pandai Sikek. Desain Media, 1(1), 53-62.
Nurmelyani, N., Harahap, S., & Azhar, A. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Cs Float Dalam Memperkenalkan Brand Image Di Kabupaten Labuhanbatu. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2653-2664.
Oktavianingrum, A., Hidayati, D. N., & Nawangsari, E. R. (2023). Strategi branding membangun Brand Identity pada UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1829-1836.
Rahman, A. V. (2018). Pengaruh Pengetahuan Brand Identity, dan Customer Relationship dalam Meningkatkan Brand Awareness. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 120-126.
Wulandari, R., Lamopia, I. W. G., Sugiharini, I. G. D., Edwar, E., Antari, N. N. W., Tpoy, J., & Salsabillah, C. D. (2021). Diversifikasi Produk dan Brand Identity: Solusi Pengembangan Peningkatan Usaha Pada Industri Rumah Tangga" Risolicious" di Padangsambian Denpasar. Madaniya, 2(4), 323-334.
Yulianto, A. (2023). Visual Re-Branding Identity Sebagai Strategi Promosi Museum Tekstil. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1230-1242.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.1552-1558
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.